5 Jenis Masker dari Buah yang Ampuh Cerahkan Wajah

Oleh Yulia Lisnawati pada 24 Jul 2020, 10:00 WIB
Diperbarui 24 Jul 2020, 10:00 WIB
Munculnya Jerawat
Perbesar
Ilustrasi Munculnya Jerawat di Wajah Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki kulit wajah sehat dan cerah tentu keinginan setiap individu, khususnya para kaum hawa. Tak heran, banyak cara dilakukan untuk menangkal kulit wajah yang kusam.

Selain menggunakan produk kecantikan, kamu bisa menghilangkan kulit kusam dengan bahan alami seperti buah-buahan.

Buah-buahan dikemas dengan banyak vitamin, mineral dan antioksidan yang bekerja sangat baik untuk menghilangkan stres pada kulitmu, membersihkannya dan mengembalikkan cerah wajahmu.

Berikut lima buah yang bisa menjadi masker wajah terbaik untuk menghilangkan kulit kusam, seperti melansir dari Boldsky, Jumat (24/7/2020).

1. Pepaya

Ilustrasi masker pepaya
Perbesar
Ilustrasi masker pepaya (Dok.Unsplash)

Pepaya kaya akan enzim yang disebut papain yang menjadi agen pengelupasan kulit dan membantu menghilangkan sel kulit mati untuk menambahkan cahaya alami kulitmu.

Vitamin A yang terkandung dalam pepaya melemaskan kulitmu dan melawan tanda-tanda penuaan kulit seperti garis-garis halus dan kerutan.

Tambahan madu pada masker ini akan menjadi pembelut. Madu bisa membantu menjaga kulitmu tetap lembab dan lembut.

Kamu hanya membutuhkan 2-3 potongan besar pepaya dan 1 sdt madu. Lalu tumbuk pepaya menjadi bubur. Tambahkan madu ke dalamnya dan aduk rata.

Setelah itu, oleskan campuran tersebut ke wajahmu. Biarkan di wajah selama 15-20 menit sebelum mencucinya.

2 dari 6 halaman

2. Pisang

Pisang kaya akan kalium, vitamin C, vitamin B-6 dan vitamin A, yang semuanya penting untuk menjaga kulit tetap sehat. Itu membuat kulitmu lembab dan bercahaya.

Pisang juga memiliki sifat antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan lingkungan eksternal.

Yang kamu butuhkan satu pisang matang dan 1 sdm madu. Lalu hancurkan pisang menjadi bubur menggunakan garpu. Tambahkan madu ke dalamnya dan aduk rata. Oleskan campuran ini di wajahmu. Biarkan selama 15 menit. Lalu bilas.

3 dari 6 halaman

3. Mangga

Mangga penuh dengan vitamin C yang membantu meningkatkan produksi kolagen untuk meningkatkan penampilan kulitmu.

Mangga juga terbukti melindungi kulit dari penuaan kulit yang disebabkan oleh sinar UV. Tepung terigu dan susu keduanya memiliki sifat pengelupasan kulit yang sangat baik, itu bisa menghilangkan kulit kusam dan mati.

Yang kamu butuhkan 1 sdm pasta mangga matang, 1 tbsp tepung gandung dan 1 sdt susu. Lalu campur semua bahan dalam mangkuk untuk mendapatkan pasta yang halus.

Oleskan campuran ini pada seluruh wajahmu dan pijat wajahmu dengan gerakan memutar. Biarkan masker mengering dan bilas.

4 dari 6 halaman

4. Apel

Apel sarat dengan vitamin C, polifenol dan sifat antioksidan yang meningkatkan sirkulasi darah dan produksi kolagen di kulit agar tetap kencang dan bercahaya.

Yang kamu butuhkan 1 apel dan 1 sdm madu. Lalu parut apel dan kumpulkan dalam mangkuk. Tambahkan madu ke dalamnya dan aduk rata.

Selanjutnya, oleskan ke wajahmu. Biarkan selama 15-20 menit sebelum dibilas menggunakan air.

5 dari 6 halaman

5. Semangka

Semangka menjadi bahan pelembab alami dan pengelupasan kulit. Kandungan vitamin C dari semangka bisa menjaga kulitmu lembut dan kencang, sementara likopen yang ada di dalamnya melinduni kulit dari kerusakan akibat sinar UV.

Yogurt mengupas kulit untuk menghilangkan sel kulit mati dan lemon sebagai salah satu agen pencerah kulit alami terbaik untuk mencerahkan kulitmu.

Yang kamu butuhkan 2-3 potongan besar semangka, 1 sdm yogurt dan 2-3 tetes jus lemon. Lalu hancurkan semangka menjadi bubur. Tambahkan yogurt dan jus lemon ke dalamnya dan aduk rata. Oleskan campuran ini ke seluruh wajahmu.

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓