Sukses

Dehidrasi Buatmu Terlihat Lebih Tua dari Usia Sebenarnya, Ini 3 Cara Mengatasinya

Siapa sangka ternyata kekurangan cairan bisa membuatmu terlihat lebih tua dari usia aslinya?

Liputan6.com, Jakarta - Tinggal di negara tropis membuat Anda harus sering minum air mineral agar tidak dehidrasi. Namun siapa sangka, mengonsumsi air secara cukup juga dapat membuat Anda terlihat lebih muda.

Menurut Nelly Devuyst, dehidrasi dapat menyebabkan keriput karena kekurangan air. Hal ini membuat Anda akan terlihat lebih tua ketimbang usia asli Anda.

Secara alami, kulit mengandung molekul yang menangkap dan menyerap air. Ketika kulit tidak mendapatkan cukup air, air tidak akan tertahan dan akan menguap.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Kerutan akibat dehidrasi

Ketika ini terjadi, awalnya Anda akan melihat garis-garis di sekitar mata Anda. Perlahan-lahan, garis kerutan itu pun terlihat di seluruh wajah Anda. Untuk mengatasinya, kulit akan menghasilkan lebih banyak sebum dan menjadi lebih berminyak.

Namun yang harus Anda perhatikan, ada perbedaan mendasar antara garis dehidrasi dan kerutan. Garis dehidrasi seringkali lebih halus dan lebih dangkal dibandingkan dengan kerutan yang garisnya lebih dalam tak berfluktuasi.

 

3 dari 6 halaman

Kerutan dehidrasi sifatnya sementara

Garis dehidrasi bersifat sementara dan dapat dikurangi dengan menghidrasi diri dengan baik. Saat Anda bertambah tua, molekul-molekul yang menangkap air di kulit Anda berkurang dan akan menyebabkan kerutan-kerutan dalam yang meningkat seiring bertambahnya usia.

Jika Anda ingin memiliki kulit yang sehat, berikut ini hal-hal yang dapat Anda lakukan:

 

4 dari 6 halaman

1. Eksfoliasi sebelum hidrasi

Gunakan scrub untuk mengangkat sel kulit mati pada wajah, kontur mata, dan kelopak mata. Ingat, jangan sampai terkelupas terlalu banyak karena kulit Anda mungkin akan semakin rusak.

 

5 dari 6 halaman

2. Pelembab

Pelembab adalah penghalang yang melindungi kulit Anda dari polusi dan mengurangi kemungkinan timbulnya kulit kering atau berminyak yang ekstrem. Menggunakan pelembab yang baik akan menghilangkan kerutan dehidrasi yang tipis sekaligus mencegah pembentukan kerutan yang dalam.

 

6 dari 6 halaman

3. Minum air

Minum air yang cukup adalah cara terbaik untuk menghidrasi Anda. Minumlah air mineral dan hindari minuman manis, kopi, atau minuman berenergi yang justru membuat Anda lebih dehidrasi.

Meski jumlah yang disarankan adalah 1,5 liter, namun perhatikan kembali BMI serta aktivitas harian Anda. Semakin aktif Anda, tentu saja Anda harus minum air lebih banyak agar tidak dehidrasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.