Sukses

New Normal, Ini 4 Tips Jaga Kesehatan Kulit Wajah Meski Pakai Masker

Memasuki fase new normal masyarakat perlu mengikuti protokol kesehatan yang berlaku, seperti menggunakan masker. Namun, penggunaan masker yang terlalu lama bisa membuat wajah menjadi iritasi. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Liputan6.com, Jakarta Kini masyarakat telah memasuki fase new normal di tengah pandemi Covid-19 yang masih menyebar luas. Masyarakat kembali beraktivitas meskipun tak sebebas tahun-tahun sebelumnya. Ada beberapa protokol kesehatan yang perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, seperti menggunakan masker.

Pemakaian masker yang relatif lama memiliki dampak buruk terhadap kesehatan kulit wajah. Masker membuat area wajah menjadi panas dan lembab karena sirkulasi napas dan keringat yang menumpuk di sekitar masker. Hal inilah yang menyebabkan pori-pori tersumbat dan memicu munculnya jerawat.

Selain itu, iritasi kulit rentan terjadi bagi pemilik kulit sensitif ketika kondisi kulit lembap. Untuk merawat kulit tetap sehat saat menggunakan masker, simak tips berikut ini.

Saksikan Video Pilihan Di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Membersihkan wajah sebelum dan sesudah memakai masker

Bukan hanya mencuci tangan, di era new normal kita juga perlu memperhatikan kesehatan kulit wajah akibat penggunaan masker yang terlalu lama. Bersihkan wajah menggunakan pembersih khusus sesuai jenis kulit.

Hal ini bertujuan untuk membuang sisa kotoran, keringat, polusi, dan zat lainnya yang menempel di kulit wajah. Hindari pembersih wajah yang memiliki kandungan fragrance dan alkohol karena dapat membuat kulit menjadi kering.

3 dari 5 halaman

Menggunakan moisturizer

Sebaiknya pilih moisturizer dengan formula yang ringan untuk mencegah wajah menjadi berminyak. Hal ini berlaku juga jika kamu memiliki jenis kulit berminyak. Pastikan menggunakan moisturizer agar kulit tetap terjaga dan dalam kondisi terhidrasi dengan baik.

4 dari 5 halaman

Pilihlah masker yang tepat

Gunakanlah masker yang memiliki ukuran pas di wajah. Masker yang terlalu sempit dan kuat talinya menyebabkan kulit iritasi. Sementara masker yang telalu besar juga tak bisa melindungi mulut dan hidung dengan sempurna.

Selain itu, pilihlah masker dengan bahan yang sesuai dengan kulitmu. Umumnya, menggunakan masker berbahan katun lebih nyaman karena memiliki daya serap yang tinggi sehingga meminimalisir terjadinya iritasi pada kulit.

5 dari 5 halaman

Mencuci masker secara teratur

Bukan hanya membersihkan wajah melainkan juga perlu mengganti dan membersihkan masker. Pasalnya, penggunaan masker berkali-kali bisa membuat virus dan bakteri menempel di dalamnya.

Sebaiknya, gantilah masker setiap empat jam sekali untuk menghindari iritasi pada wajah. Saat menggunakan masker kain, cucilah dengan teratur dan benar agar bakteri dan kotoran yang menempel hilang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.