Sukses

Viral Potret ODP di Malaysia Keluyuran Makan di Kafe, Warganet Geram

Publik, khususnya para pengguna jejaring sosial di Malaysia, diramaikan dengan beredarnya wanita berstatus ODP makan di kafe.

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah pandemi Corona atau Covid-19, setiap negara memiliki peraturan khusus bagi warganya untuk mengantisipasi penyebaran virus tersebut, salah satunya di Malaysia.

Individu yang memasuki Malaysia, diharuskan untuk mengkarantina diri mereka di rumah selama dua minggu dan diberikan petunjuk pemantauan rumah (HSO) untuk dipatuhi.

Selain itu, mereka juga diberi gelang plastik bewarna merah muda yang wajib dipakai untuk menunjukkan bahwa mereka berstatus orang dalam pemantauan (ODP) terkait virus Corona atau  pasien yang diawasi (PUS).

Namun, ada saja individu yang bandel dan tidak mematuhi aturan tersebut. Seperti kasus yang baru-baru ini tengah menjadi perbincangan viral di jejaring sosial.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Masyarakat Panik

Melansir dari World off Buzz, Selasa (21/7/2020), Departemen Kesehatan negara bagian Perak, sedang menyelidiki unggahan viral yang menunjukkan pasien (PUS) Covid-19 terlihat tengah makan di sebuah kafe makan di Bandar Meru Jaya, Ipoh.

Dalam foto yang beredar, terlihat wanita itu mengenakan label merah muda di pergelangan tanggannya. Ulah wanita itu sontak menimbulkan keprihatinan masyarakat, terutama yang tinggal di daerah tersebut.

 

3 dari 4 halaman

Tengah Diselidiki

Kepala kesehatan Perak, Datuk Dr Ding Lay Ming mengatakan bahwa pihaknya segera mengambil tindakan untuk menyelediki pengaduan tersebut.

"Jika memang kita menemukan bahwa foto viral itu benar, maka tindakan hukum yang diperlukan akan diambil terhadap pelakunya," kata dr Ming.

4 dari 4 halaman

Respons Warganet

Foto tersebut sontak menarik perhatian warganet. Banyak dari mereka merasa geram dan khawatir dengan ulah wanita yang berstatus ODP tersebut.

“Kenapa dia begitu egois?" kata akun @HardymanMohamad.

"Ini disebut tidak ada rasa tanggung jawab dan mempertimbangkan pandemi sepele ini," komentar akun @begratefulmate.

"Orang yang tidak bertanggung jawab," sahut akun @MissFrulein.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.