Sukses

Pandemi Corona, Jangan Lakukan 5 Kebiasaan Buruk Ini Saat Keluar Rumah

Ada kebiasaan-kebiasaan buruk yang harus kamu hentikan saat keluar rumah selama pandemi Corona

Liputan6.com, Jakarta Ada kalanya, Anda harus keluar rumah untuk suatu keperluan selama pandemi Corona masih berlangsung. Entah itu untuk bekerja, membeli kebutuhan bulanan, atau hal lainnya.

Anda hendaknya tidak sembrono saat beraktifitas di masa pandemi Corona. Karena bagaimanapun, risiko penularaannya masih tinggi.

Ada lima kebiasaan buruk yang kerap dilakukan saat keluar rumah seperti dilansir dari Times of India. Hendaknya kebiasaan-kebiasaan tersebut dihentikan.

Kebiasaan apa saja? Ini dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Keluar tanpa masker, pembersih tangan dan tisu

Seberapa jauh dan dekat atau seberapa lama Anda akan pergi ke tempat yang dituju, penting untuk memakai masker wajah setiap kali Anda melangkah kaki di luar pintu.

Bawa juga cairan pembersih tangan atau hand sanitizer dan tisu.  Ingat, orang yang kita temui bisa saja termasuk Orang Tanpa Gejala (OTG) dan menyebarkan wabah corona.

3 dari 6 halaman

2. Menganggap pandemi corona sudah hilang atau tidak berbahaya

Kita mungkin sering lupa atau menganggap remeh karena pembatasan seperti PSBB atau lockdown sudah dicabut, padahal itu tidak berarti bahwa pandemi corona tidak lagi menjadi ancaman.

Jadi, penting untuk mempraktikkan semua tindakan menjaga jarak sosial dan mengambil semua tindakan pencegahan yang diperlukan setiap kali Anda keluar dari rumah.

4 dari 6 halaman

3. 3. Berbelanja yang Tidak Perlu

Sekarang ini, termasuk di Indonesia, mal-mal atau pusat perbelanjaan sudah dibuka kembali. Jalan-jalan ke mal dan belanja memang menyenangkan, tapi disarankan untuk berlatih menahan diri.

Selama pandemi, prioritas pertama Anda haruslah aman secara finansial sehingga Anda dapat mengurus semua biaya medis atau terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Jadi, tak usah membeli barang yang tidak atau kurang diperlukan.

5 dari 6 halaman

4. Tidak berhati-hati saat menyentuh benda di luar ruangan

Saat ini adalah waktunya untuk menjadi lebih berhati-hati terhadap apa yang kita sentuh di luar ruangan maupun ruang publik. Karena semakin banyak orang yang kembali ke pekerjaan mereka, sekarang bukan saatnya untuk bersikap masa bodoh ketika harus menyentuh permukaan benda.

6 dari 6 halaman

5. Berhenti update berita seputar pandemi corona

Mengikuti berita tentang meningkatnya jumlah kasus virus corona Covid-19 serta angka kematian memang sangat mengganggu dan pastinya tidak menghibur.

Namun, bukan berarti Anda harus berhenti mengakses berita terbaru soal pandemi corona Covid-19. Tak harus setiap waktu, cukup sediakan waktu luang setiap hari untuk mengetahui tentang berita Covid-19 terbaru, terutama di masa new normal saat ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.