Sukses

Rusak Digigit Anjing, Pria Ini Ubah AirPods dengan Berlapis Emas 18 Karat

Video Pablo Cimadevila mengubah AirPods menjadi Airgolds 18 karat ramai di media sosial.

Liputan6.com, Jakarta - Menganggap bentuk dan desain AirPods akan bagus jika berbahan emas, desainer perhiasan Pablo Cimadevila mengubah AirPods biasa menjadi 'AirGolds'.  AirGolds merupakan sebutan AirPods berbahan emas.

Pria itu pun mengabadikan proses pembuatan AirGolds 18 karat itu dan menyebarkannya melalui kanal Youtube-nya, Pablo Cimadevila dan akun Instagram-nya @pablocimadevila. Meski telah diunggah Agustus 2019, video itu kembali ramai diperbincangkan di media sosial, dan hingga Minggu (19/7/2020) telah ditonton lebih dari 47 juta kali.

Meski telah menarik perhatian banyak warganet, Pablo mengatakan AirGolds yang dibuatnya itu tidak dijual. Video berdurasi 11.12 menit yang diunggahnya di Youtube pun bukan iklan Apple. Ide mengubah AirPods menjadi AirGolds terinspirasi dari slogan "Think Different" yang digunakan Apple tahun 1997-2002.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Bermula dari Airpods yang Digigit Anjing

Di samping tampilannya yang berbeda dan lebih mewah, cerita di balik pembuatan AirGolds ini pun menarik.

Melalui akun Instagram-nya @pablocimadevila, ia menceritakan pembuatan AirGolds bermula dari temannya, Nathalie yang mengirimkan foto airpodsnya telah digigit anjingnya, Blas. Pablo pun memutuskan untuk membelikannya AirPods baru.

Pablo membeli melalui online Apple store, tapi barang tersebut tidak diterimanya dalam beberapa hari dan dirinya pun tidak melihat notifikasi pembayaran di kartu kreditnya. Pria asal Spanyol itu pun memutuskan membeli sepasang AirPods di Amazon.

3 dari 6 halaman

Ide untuk Mengubahnya

Namun, Pablo ternyata menerima dua pasang AirPods. Alhasil, dirinya memberikan satu pasang kepada temannya, dan satu pasang lagi disimpannya.

Suatu hari, Pablo membuka kotak AirPods itu dan berpikir AirPods itu akan bagus jika berbahan emas. Desainer perhiasan itu pun mengubah AirPods menjadi AirGolds.

4 dari 6 halaman

Proses Pembuatan Airgolds

Dimulai dari memisahkan perangkat elektronik dari cangkangnya, Pablo lalu membersihkan dan menempelkannya pada bingkai. Pablo lalu memasangkannya pada pipa dan campuran untuk mencetak bentuk AirPods.

Setelah itu, pipa untuk mencetak kerangka AirPods dipanaskan selama 12 jam. Saat dipanaskan, Pablo menyiapkan kepingan persegi emas 18 karat.

5 dari 6 halaman

Detail Pembuatannya

Setelah cetakan siap, emas itu pun dimasukkan ke dalam cetakan sambil dipanaskan. Kemudian, cetakan dikeluarkan dan didinginkan dengan cara dimasukkan ke dalam wadah berisi air untuk mengeluarkan AirGolds.

AirGolds yang masih berupa kerangka lalu dicuci, dibersihkan, dipotong, dibentuk, dan dihaluskan. AirGolds lalu dipoles hingga terlihat mengkilat.

Pablo kemudian memasangkan kembali perangkat elektronik AirPods dan menutup kerangkanya. Airgolds 18 karat pun siap digunakan. Pablo pun menunjukkan Airgolds dapat berfungsi sebagaimana mestinya AirPods.

6 dari 6 halaman

Raup Rp 740 juta

Video proses pembuatan AirGolds yang diunggah Pablo ke Youtube pun menghasilkan 50.000 dolar atau setara dengan Rp 740 juta. Uang itu Pablo gunakan untuk membuat kolam di depan tempat kerjanya.

Dalam unggahan di Instagram-nya, Pablo berterima kasih kepada Blas, anjing yang telah menggigiti AirPods temannya itu.

Unggahannya soal AirGolds Pablo pun menuai komentar. Salah satunya dari pemilik akun Instagram @remember.jpg, "Itu semua terjadi bukan karena anjing yang mengunyah AirPods, tapi karena kamu memiliki hati yang baik dan ingin membantu temanmu."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.