4 Langkah Mengajari Anak Pola Hidup Sehat Sejak Dini

Oleh Ulya Kaltsum pada 18 Jul 2020, 14:00 WIB
Diperbarui 18 Jul 2020, 14:00 WIB
anak
Perbesar
ilustrasi anak makan sehat/copyright Rawpixel

Liputan6.com, Jakarta Membiasakan pola hidup sehat tentu perlu dilakukan para orang tua terhadap anaknya agar ia dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal. Salah satu caranya adalah membuat mereka sadar tentang pentingnya mengatur pola makan dan melakukan olahraga secara rutin.

Memberikan asupan makanan dan minuman yang bergizi akan mempengaruhi tumbuh kembang anak. Sementara olahraga bisa melatih perkembangan motoriknya. Namun, mengajari anak untuk hidup sehat bukanlah hal yang mudah.

Hal tersebut menjadi tantang tersendiri bagi orang tua. Menerapkan gaya hidup sehat pada anak akan lebih sulit karena sang buah hati masih selektif dalam makanan dan aktif bermain. Lalu, bagaimana caranya mengajari anak agar menerapkan gaya hidup sehat sejak dini?

2 dari 6 halaman

Biasakan anak mengunyah dengan pelan

Anak Susah Makan
Perbesar
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Ketika mengunyah secara perlahan, anak mampu mengetahui apakah dia masih lapar atau sudah kenyang. Kalau anak ingin menambah makan, tunggulah selama 15 menit. Jika ia masih lapar dan ingin menambah porsi makan, berikanlah makanan dengan porsi yang lebih kecil.

Mengunyah makanan secara perlahan dapat membantu penyerapan nutrisi yang lebih baik. Selain itu, tingkat stress dan pencernaan menjadi lebih lancar.

3 dari 6 halaman

Membiasakan anak minum air putih

Ilustrasi Anak Minum Air Putih (iStockphoto)
Perbesar
Anak Bisa Terkena Batu Ginjal karena Kurangnya Asupan Cairan Padahal Anak Senang Bermain (Ilustrasi/iStockphoto)

Kebutuhan cairan tubuh harus dipenuhi dengan air putih. Namun, membiasakan anak rutin minum air putih bukanlah hal yang mudah.

Orang tua perlu memastikan agar sang anak minum air putih secara rutin dengan takaran yang sesuai dan tidak berlebihan.

4 dari 6 halaman

Ajak anak berbelanja dan menyiapkan makanan

[Fimela] memasak bareng anak
Perbesar
memasak bareng anak | pexels.com/@gustavo-fring

Mengajak anak berbelanja dan masak bersama bisa menjadi media belajar pola hidup sehat. Orang tua bisa memberi tahu dan mengajak anak berdiskusi mengenai sayuran dan buah-buahan yang sangat penting untuk kesehatan tubuh. Gunakanlah kata-kata sederhana sehingga anak mudah mengerti dan tidak bosan.

5 dari 6 halaman

Memperbaiki isi kulkas dan meja makan

kepribadian berdasarkan isi kulkas
Perbesar
Photo by rawpixel.com from Pexels

Sang buah hati pasti selalu tergoda ingin membuka lemari pendingin atau kulkas untuk sekadar mencari makanan atau camilan. Ini menjadi kesempatan Moms agar anak mau mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan.

Orang tua bisa menyajikan camilan seperti salad, puding, atau jus buah. Dengan begitu, anak akan terbiasa makan buah dan sayuran.

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan Di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓