Sukses

Agar Tetap Aman Lakukan Olahraga Lari di Masa New Normal, Lakukan 6 Tips Ini

Kalian harus perhatikan deretan tips ini agar tetap aman lakukan olahraga lari di tengah pandemi Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang yang memilih berlari sebagai olahraga favorit. Tak hanya miliki banyak manfaat, olahraga lari juga sangat mudah untuk dilakukan.

Sayangnya pandemi Covid-19 membuat Anda tak bisa leluasa melakukan olahraga lari seperti sebelumnya.

Di era new normal ini, Anda harus menjalani protokol kesehatan saat hendak melakukan olahraga lari. Tentunya protokol kesehatan tersebut harus diperhatikan dengan seksama.

Pelatih lari yang juga atlet marathon Indonesia Hendri Pardede, merekomendasikan formula T.E.M.B.A.K., bagi Anda yang rutin berlari agar mendapatkan manfaat dari olahraga ini bukannya justru mendapatkan masalah.

Dilansir dari akun Instagram Hendri Pardede pada 12 Juni 2020, berikut enam tips berlari dengan menjalankan protokol kesehatan agar terhindari dari paparan Covid-19.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. T (Time)

Pilih waktu dan tempat yang tepat saat ingin berlari di luar ruangan. Mungkin bisa dilakukan pagi hari sekitar pukul 05:30 - 06:00 atau sore.

Sebaiknya hindari tempat yang ramai dari lalu lintas orang misalnya berlari di area kompleks perumahan, sekitar lingkungan apartemen, juga lingkungan jalanan yang sepi.

3 dari 7 halaman

2. E (Easy)

Pilih porsi latihan hanya dengan intensitas ringan saja agar imunitas tubuh dapat meningkat. Latihan yang terlalu berat cenderung akan membuat tubuh mengalami kelelahan berlebih sehingga dapat menurunkan daya tahan tubuh. Sebaiknya berlari di zona aerobik sekitar zona 2-3 yaitu sekitar 60-70 persen dari detak jantung maksimal.

4 dari 7 halaman

3. M (Masker)

Saat berlari di luar ruangan sebaiknya gunakan masker, apalagi jika berpapasan dengan pelari lain. Anda bisa melepaskan masker di bawah dagu jika tidak ada orang lain di sekitar Anda, sesuai dengan anjuran protokol kesehatan dari pemerintah.

5 dari 7 halaman

4. B (Bersih)

Selama berlari sebaiknya jaga kebersihan diri sendiri dengan mencuci tangan sebelum dan sesudah berlari serta hindari menyentuh mata dan hidung dengan menggunakan tangan. Menurut Pardede, hindari juga berlari dengan menyentuh benda-benda di tempat umum.

6 dari 7 halaman

5. A (Aku jaga jarak)

Pastikan jarak Anda dengan pelari lain sekitar 3-4 meter untuk mencegah virus penyebab COVID-19 menular dari satu orang ke orang lainnya. Jika saat berlari Anda dilewati pelari lain, tunggu beberapa saat sampai jarak aman 3-4 meter sudah tercapai.

7 dari 7 halaman

6. K (Konsisten)

Anda harus konsisten melakukan gaya hidup sehat, termasuk saat sedang berlari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.