Sukses

Makan di Luar, Ini 3 Cara Meletakkan Masker yang Benar Agar Tak Terkontaminasi

Saat makan di luar, jangan meletakkan masker di dagu ketika akan makan. Tapi lakukan cara-cara berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Memasuki era new normal, Anda pasti kangen untuk mencicipi makanan favorit di restoran kesukaan. Nah, bila Anda memutuskan untuk makan di tempat, ada hal-hal yang perlu Anda perhatikan.

Saat makan di luar, jangan turunkan masker ke bagian dagu ketika Anda akan mulai makan. Sebab saat Anda memakai masker, bagian dagu dan leher menjadi area yang terkontaminasi.

Bakteri dan virus yang berterbangan di udara bisa saja menempel di area tersebut. Saat Anda menurunkan masker ke bagian dagu atau leher, Anda justru membuat kuman menempel di masker. Dan saat memasangnya kembali, risiko terinfeksi justru lebih tinggi.

Justru lebih baik bila Anda melepaskan masker tersebut sekalian saat akan makan. Namun, perhatikan kembali di mana Anda akan meletakkannya.

Mengutip dari AsiaOne, berikut ini 3 cara meletakkan masker yang benar saat Anda akan makan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Taruh di Plastik Bersih atau Kantung Kertas

Anda bisa membawa kantung plastik yang bisa disegel kembali ke manapun pergi dan menaruhnya di tempat itu. Ini solusi alternatif dibandingkan menaruhnya di atas meja begitu saja.

Atau, Anda bisa menggantinya dengan kantung kertas yang bermanfaat menyerap kelembapan dari masker bekas pakai. Dengan begitu, pertumbuhan jamur di masker bisa dihindari.

3 dari 4 halaman

2. Taruh di atas tisu bersih

Menurut Dr. Ling Moi Lin, Direktur Pencegahan Infeksi dan Epidemiologi di Singapore General Hospital, Anda bisa menggunakan tisu bersih yang biasanya tersedia di meja untuk menaruh masker yang sudah dipakai. Pastikan bagian luar masker mengarah ke bawah, dengan tali ditaruh menjauh dari bagian dalam masker.

Setelah makan, Anda harus segera mencuci tangan dengan bersih sebelum memasang kembali masker. Pasalnya, benda-benda di sekitar Anda sangat mungkin sudah terkontaminasi oleh kuman.

4 dari 4 halaman

3. Gunakan kantung atau pouch khusus

Anda juga bisa menggunakan tas khusus agar lebih ramah lingkungan. Pouch masker juga mulai dijual luas di berbagai platform e-commerce.

Namun, apapun pilihan Anda, hal terpenting adalah selalu membersihkan tangan sebelum dan sesudah melepas masker, begitu pula saat akan memakainya kembali. Menaruhnya dengan tepat saat makan adalah satu langkah lain untuk menjaga Anda tetap aman saat beraktivitas di luar rumah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.