Sukses

Main Video Gim 22 Jam Tiap Hari, Tangan Remaja Ini Mendadak Lumpuh

Gara-gara berlebihan main video gim, remaja ini alami lumpuh mendadak

Liputan6.com, Jakarta Masa pandemi membuat orang-orang lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Jika tak pandai-pandai mencari kegiatan, maka menghabiskan waktu di rumah terus-terusan bisa menjadi kegiatan yang membosankan.

Namun, bukan berarti Anda kemudian bisa menghabiskan waktu hanya dengan bermain gim. Jangan sampai Anda mengalami apa yang dialami oleh remaja ini.

Seorang remaja bernama Xiaobin (15) dari Nanning, China dilarikan ke rumah sakit setelah tiba-tiba pingsan di rumahnya. Tak butuh waktu lama, dia menyadari bahwa dia tak bisa menggerakkan lengan dan tangan kirinya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bermain video gim secara berlebihan

Lalu, mengapa remaja yang tampaknya sehat itu bisa pingsan dan mendapat kelumpuhan mendadak? Ternyata sejak dilakukan lockdown di China karena virus Corona, Xiabon telah menghabiskan waktu berkurung di kamarnya, bermain video gim selama 22 jam sehari selama sebulan.

Menurut laporan Nanning Television, bocah itu telah tinggal di rumah sejak sekolah-sekolah di seluruh China ditutup karena pandemi Corona. Orang tuanya juga tidak mengetahui kegiatannya di dalam kamar.

 

3 dari 4 halaman

Mengaku belajar online

Bila orang tuanya bertanya, remaja pria itu hanya mengatakan bahwa ia mengambil kelas online.

"Dia menutup jendela dan mengunci pintu. Kami tak tahu apa yang dia lakukan di sana," kata orang tuanya kepada wartawan.

"Saya melihat percakapan online yang ia lakukan dengan teman-temannya. Dia mengaku tak cukup istirahat dan tidur paling banyak dua jam sehari."

Xiaobin saat ini menjalani perawatan di rumah sakit, tapi masih belum jelas apakah ia akan sepenuhnya pulih. Dr Li, seorang spesialis otak di rumah sakit tempat remaja itu dirawat mendiagnosisnya dengan stroke otak. Kondisi itu terjadi karena Xiaobin bermain video gim secara berlebihan dan kurang tidur.

 

4 dari 4 halaman

Bisa menyebabkan stroke

Anda bisa mengalami stroke bila kurang nutrisi dan istirahat. Ini menyebabkan berkurangnya jumlah darah dan oksigen yang mencapai otak.

Bukan berarti Anda dilarang bermain video gim, tapi cobalah untuk membatasinya. Selain efek fisik jangka panjang pada tubuh, ini juga dapat memengaruhi Anda secara psikologis.

Unity Point melaporkan bahwa kecanduan video gim dapat menyebabkan seseorang lekas marah, cemas, atau depresi sehingga memengaruhi kinerja seseorang di sekolah atau di tempat kerja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.