Sukses

Biasakan Memijat Telinga Setiap Hari, 6 Hal Baik Ini Akan Terjadi pada Tubuhmu

Ini hal-hal baik yang kamu rasakan bila terbiasa memijat telinga setiap hari

Liputan6.com, Jakarta Stres, rasa cemas, sakit kepala, mengantuk, setiap orang memiliki saat-saat tak menyenangkan. Tapi tahukah Anda ada solusi sederhana untuk ini: memijat telinga.

Ini adalah sensasi membuat saraf terasa enak dan menenangkan, membebaskan pikiran dari rasa ketidaknyamanan. Dan bagian terbaiknya adalah bahwa hal ini dapat dilakukan di mana saja, kapan, saja, dan mudah dilakukan.

Berikut ini manfaat kebiasaan memijat telinga setiap hari seperti dilansir dari Brightside.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Nyeri pada otot berkurang

Sebuah eksperimen dilakukan untuk menguji dan melihat apakah memijat telinga dapat membantu mengurangi rasa sakit di antara-orang dengan sakit punggung bagian bawah kronis. Dan hasilnya menunjukkan bahwa prosedur yang sederhana ini adalah cara yang efektif untuk mengurangi ketidaknyamanan.

Cobalah untuk menarik dan mengusap area telinga Anda dengan lembut, terutama bagian tempat biasa menindik telinga. Ini akan merangsang banyak ujung saraf dan mereka dapat membantu otak Anda melepaskan endorfin.

Hormon-hormon ini diketahui membuat kita merasa bahagia dan membantu meringankan rasa sakit, serta meningkatkan sirkulasi darah. Beberapa penelitian bahkan menunjukkan berkat tindakan memijat sederhana ini, orang dapat mengelola rasa sakit fisiknya lebih baik dan ambang rasa sakitnya meningkat.

 

3 dari 7 halaman

2. Tingkat stres dan kecemasan berrkurang

Studi kecil lain dilakukan di antara pasien selama periode fertilisasi in vitro. Hasil membuktikan bahwa memijat telinga adalah hal yang baik untuk dilakukan dalam situasi penuh tekanan.

Pijat bagian atas telinga dengan gerakan memutar yang lambat jika Anda merasa stres, panik, gelisah, lelah, atau jengkel. Titik ini terletak di kulit atas telinga Anda, di bagian yang terasa seperti lubang berbentuk segitiga.

 

4 dari 7 halaman

3. Mengurangi sakit kepala dan migrain

Sementara obat penghilang rasa sakit dapat memiliki beberapa efek serius dan berpotensi merusak tubuh, stimulasi pijatan pada telinga umumnya tidak berbahaya. Anda bahkan dapat menggabungkannya dengan beberapa solusi alami seperti teh peppermint untuk efek yang lebih baik.

 

5 dari 7 halaman

4. Membantu menurunkan berat badan

Selain berolahraga secara teratur dan mempertahankan pola makan yang sehat, Anda juga bisa mulai memijat titik yang berbeda di telinga setiap hari. Ternyata, dikombinasikan dengan rutinitas lain yang diperlukan, memijat telinga dapat membantu Anda menurunkan berat badan lebih cepat.

 

6 dari 7 halaman

5. Membantu melawan insomnia

Karena pijatan di telinga memiliki efek relaksasi, Anda dapat melakukannya sebelum waktu tidur untuk menenangkan diri. Meski prosedur ini tak membantu Anda menghilangkan insomnia sepenuhnya, ini dapat membantu Anda untuk rileks dan tidur lebih cepat.

 

7 dari 7 halaman

6. Menambah energi

Anda mungkin lupa minum kopi untuk membuat Anda terjaga. Sebagai gantinya, cobalah memijat telinga sedikit lebih intens.

Merangsang ujung saraf telinga Anda dapat mengaktifkan pusat otak tertentu dan membuat kelelahan memudar. Anda dapat melakukannya di siang hari juga, ketika Anda merasa bahwa kelelahan Anda semakin tak terkendali dan tingkat energi rendah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.