Sukses

Akhir Tragis Pria Pemilik IQ Tertinggi di Dunia yang Lebihi Einstein dan Newton

William James Sidis adalah orang paling cerdas yang pernah berjalan di Bumi. IQ-nya antara 250 dan 300, melebihi Albert Einstein dan Issac Newton.

Liputan6.com, Jakarta - Siapa manusia yang memiliki intelligence quotient atau IQ tertinggi? Untuk diketahui, Albert Einstein memiliki IQ sekitar 160, IQ Issac Newton diperkirakan 190, dan IQ Mark Zuckerberg adalah 152.

Mereka dikenal sebagai jenius mutlak di seluruh dunia. NAmun, pernah hidup seseorang yang mempunyai IQ antara 250 dan 300.

William James Sidis, orang paling cerdas yang pernah berjalan di Bumi. Ia anak ajaib sekaligus ahli matematika yang luar biasa.

William juga master di berbagai dialek dan penulis yang berbakat pula. Hanya saja, tak banyak orang yang pernah mendengarnya.

Mengutip dari Brightside, Sabtu 11 Juli 2020, William dilahirkan di Kota New York, Amerika Serikat, pada 1898. Sang ayah, Boris, psikolog teladan yang mendapatkan 4 gelar dari Harvard. Ibunda William seorang dokter.

Lantaran kedua orang tuanya tergolong pula sebagai jenius, William James Sidis juga diharapkan cerdas. Tapi, kecerdasannya terbukti jauh lebih dari biasanya.

Video Pilihan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Usia 18 Bulan Bisa Baca Koran

Di usianya yang baru 18 bulan, ia sudah bisa membaca The New York Times. Pada usia 8 tahun, ia belajar sendiri bahasa Latin, Yunani, Prancis, Rusia, Jerman, Ibrani, Turki, dan Armenia. Selain 8 bahasa itu, ia juga menciptakan sendiri dan menyebutnya "Vendergood."

Sangat menyadari kecerdasannya, ayahnya mencoba mendaftarkannya di Harvard, tapi ditolak karena William baru berusia 9 tahun pada waktu itu. Dua tahun kemudian, institut menerimanya dan William menjadi orang termuda yang diterima di Harvard pada 1909.

Pada 1910, pengetahuannya tentang matematika memuncak begitu banyak. Alhasil, ia mulai mengajar dosennya sebagai gantinya, memberinya gelar "anak ajaib." Dia menyelesaikan gelar sarjana seni pada usia 16.

3 dari 4 halaman

Ketenaran yang Melelahkan

Ketenaran bisa melelahkan, terutama jika Anda terpapar pada usia muda. Tak lama setelah lulus, William mengatakan kepada wartawan bahwa ia tidak ingin menjalani kehidupan yang "sempurna", yang menurutnya, adalah pengasingan. Dia juga menambahkan bahwa dia bermaksud untuk tidak pernah menikah karena wanita tidak memohon padanya.

Selain ketenaran yang tidak diinginkan, keputusannya juga mencerminkan tekanan yang dia hadapi sejak lahir. Selama masa itu, Amerika percaya akan mengubah anak-anak menjadi ajaib dengan pendidikan yang tepat.

Menjadi seorang psikolog berbakat, ayah William sangat ingin membuat putranya bersinar seterang bintang. Untuk mencapai itu, ia menerapkan pendekatan psikologisnya sendiri untuk membesarkan putranya dan mendorongnya.

Kendati William menikmati belajar sejak kecil, pendapatnya berubah saat dewasa. Dia pun menyalahkan ayahnya untuk itu. Ketika Boris meninggal pada 1923, William menolak untuk menghadiri pemakamannya.

4 dari 4 halaman

Terasing dan Penjara

Seperti yang biasanya dilakukan para genius untuk mempertahankan profil rendah, William bekerja dengan gaji rendah sebagai pegawai administrasi. Meski begitu, dia masih dikenali oleh orang-orang, membuatnya tidak punya pilihan selain beralih pekerjaan lagi.

Pada 1924, wartawan menemukan dia bekerja dengan upah USD 23 per minggu yang menjadi berita utama lagi. Hanya kali ini mereka mengejek kecerdasannya dan mengatakan dia tidak lagi mampu melakukan apa yang dia lakukan sebagai seorang anak.

Namun, ini tidak benar karena sepanjang hidupnya, William menulis banyak buku berharga menggunakan nama samaran yang berbeda.

Dia adalah seorang sosialis dan penentang Perang Dunia I. Dia, pada kenyataannya, ditangkap pada 1919 karena protes yang berubah menjadi kekerasan di Boston di mana dia dijatuhi hukuman penjara selama 18 bulan.

Tapi, orang tuanya menemukan cara untuk membuatnya keluar dari penjara dan mengurungnya di sanatorium mereka selama 2 tahun sebagai gantinya.

William menghabiskan hidupnya dalam keadaan hancur dan benar-benar kesepian. Terasing dari keluarganya, ia bekerja sebagai pelari mesin dan melakukan pekerjaan kecil untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Orang yang bisa mengubah dunia itu meninggal dalam kematian yang malang pada usia 46 tahun sebagai bukan siapa-siapa, menderita pendarahan otak pada 1944. Menariknya, sang ayah meninggal dengan kondisi yang sama.

(Hariz Barak)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.