Sukses

Pria Ini Bikin Penculikan Palsu Agar Dapat Uang Tebusan dari Pamannya

Ada-ada saja yang dilakukan seorang pria agar bisa mendapat uang

Liputan6.com, Jakarta Saat kepepet, orang bisa melakukan apa saja untuk mendapatkan uang. Termasuk hal-hal yang tak masuk di akal. Seperti kisah seorang pemuda asal Delhi, India ini yang sengaja merancang penculikan palsu dirinya sendiri. Tak main-main, pria bernama Salman Khan itu berniat meminta tebusan senilai lima lakh rupee atau setara Rp 97 juta kepada pamannya. 

Polisi mendapat kabar penculikan itu dari sang paman bernama Mudassir. Mudassir mengaku mendapat kabar bahwa keponakannya yang pelukis telah diculik oleh empat orang pria dengan mengendarai mobil. Mereka meminta tebusan senilai lima lakh rupee.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Polisi turun tangan

Dikutip dari India Today, Selasa (7/7/2020), Salman menghubungi saudaranya, Arshad, yang tinggal di kampung halaman mereka. Si kakak diberitahu jika adiknya telah diculik dari Yamuna.

Polisi yang mendapat laporan tersebut segera menelusuri kasus penculikan tersebut. Petugas mendapati bahwa nomor kontak yang digunakan untuk meminta tebusan masih aktif.

Polisi segera membentuk tim untuk mencari Salman. Tim tersebut dibagi tiga unit yang lebih kecil untuk menyelamatkan sandera. Satu tim bertugas mengamati rekaman CCTV di sekitar lokasi kejadian, sedangkan dua tim lainnya mencari Salman di lokasi yang diduga ia diculik.

3 dari 4 halaman

Terungkap dari CCTV

Jejak Salman segera terdeteksi setelah ia mengontak sang kakak. Polisi mendapati bahwa Salman berada di Ghaziabad. Satu tim polisi kemudian dikirim ke sana.

Salman kembali mengontak kakaknya. Dalam perbincangan, ia mengaku dikunci di sebuah ruangan dan dipukuli hingga terluka. Ia meminta agar uang tebusan segera dikirimkan bila keluarganya ingin ia dilepaskan hidup-hidup.

Polisi yang melacak menemukan bahwa panggilan telepon dilakukan di sekitar Stasiun Kereta Anand Vihar. Setelah rekaman CCTV dianalisis, polisi memastikan Salman hanya sendirian saat itu. Polisi pun bisa menemukannya.

4 dari 4 halaman

Butuh uang untuk biaya nikah saudara

Awalnya, pemuda India itu berusaha mengecoh polisi dengan berbohong bahwa penculik meninggalkannya di sana. Namun setelah diinterogasi lebih lanjut, Salman mengakui telah merancang penculikan palsu karena butuh uang.

Ia sengaja mengontak kakaknya agar si kakak meminta uang kepada pamannya yang kaya raya. Ia berpikir sang paman mudah tertipu. Dalam pengakuannya, Salman berencana menggunakan uang tebusan sebagai biaya nikah saudarinya.

 

(Dinny Mutiah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.