Sukses

Gempa Banten Getarkan Jakarta, Warganet Panik

Kehebohan gempa Jakarta pun terasa di jejaring sosial.

Liputan6.com, Jakarta - Warga Jakarta dan sekitarnya, hari ini Selasa (7/7/2020), merasakan getaran gempa. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan getaran itu disebabkan gempa berkekuatan Magnitudo 5,4.

"Pusat gempa berada di 18 km barat daya Rangkas Bitung, Banten, 95 km barat daya Jakarta, dengan kedalaman 82 Km,” tulis BMKG.

BMKG menyatakan, gempa tersebut terjadi pada pukul 11.44 WIB. 

"Gempa tidak berpotensi tsunami,” ucap BMKG.

Getaran gempa yang cukup terasa tentu membuat warga panik. Kehebohan gempa Jakarta pun terasa di jejaring sosial. Pantauan Citizen6-Liputan6.com, lini masa Twitter hingga kini diramaikan dengan twit warganet yang membenarkan bahwa gempa terjadi di Jakarta dan sekitarnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Respons Warganet

Berikut beberapa respons warganet yang merasakan gempa di wilayah Jakarta dan sekitarnya, seperti merangkum dari Twitter. 

3 dari 3 halaman

Gempa Dirasakan di Sejumlah Wilayah

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan, episenter gempa berada di koordinat 6.69 lintang selatan (LS) dan 106.14 bujur timur (BT) atau 18 km barat daya Rangkasbitung.

"Pusat gempa berada di 18 km barat daya Rangkasbitung, Banten, 95 km barat daya Jakarta, dengan kedalaman 82 Km,” tulis BMKG.

Gempa bumi juga dirasakan di sejumlah wilayah dengan tingkat getaran yang beragam, di antaranya Lebak III-IV MMI, Cihara, Rangkasbitung, Bayah, Pandeglang, Malingping, Cibeber, Banjarsari, Sukabumi III MMI, Jakarta, Depok, Bandung II-III MMI, dan Tangerang Selatan II MMI.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.