Sukses

6 Manfaat Menguapi Wajah Secara Rutin dengan Air Hangat

Nah, penasaran apa manfaat lainnya yang didapat kalau kamu rutin menguapi wajah? Cek di sini.

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki kulit wajah yang cerah, sehat dan memesona tentu menjadi dambaan setiap individu, khususnya para kaum hawa. Tak heran, banyak cara seperti perawatan wajah hingga menggunakan produk kecantikan dilakukan demi memiliki kulit wajah yang diinginkan.

Namun, selain menggunakan produk kecantikan, kamu juga perlu menguapi wajah dengan air hangat untuk membuat kulitmu sehat dan cantik memesona. Menguapi wajah diklaim bisa membersihkan, menenangkan dan membalikkan kerusakan pada kulit.

Nah, penasaran apa manfaat lainnya yang didapat kalau kamu rutin menguapi wajah? Berikut ulasannya seperti melansir dari Bright Side, Senin (6/7/2020).

1. Membersihkan Kotoran dan Produk dari Pori-porimu  

Saat menguapi wajah, kehangatan uap air membuat pori-porimu rileks, sehingga menyebabkannya membesar. Ketika pori-pori terbuka, kotoran dan sebum gelap yang menumpuk di dalamnya dikeluarkan.

Kotoran yang kerap kali menumpuk di wajah yakni polusi jalanan mengapung di udara di sekitar kita. Untuk itu, banyak dari kita menggunakan berbagai macam produk kecantikan untuk melindungi kulitmu. Namun, terlalu banyak produk yang digunakan terkadang malah memunculkan masalah lainnya, seperti jerawat.

Dengan menguapi wajah, kamu bisa membatasi jumlah sebum yang dimiliki agar tidak menimbulkan masalah kulit wajah lainnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

2. Membersihkan Bakteri dan Sel-Sel Mati yang Menyebabkan Jerawat

Kulit adalah organ tubuh terbesarmu, dan seperti kebanyakan tubuhmu, ia mengalami proses regenerasi yang konstan, menyebabkan bakteri mati menumpuk di wajahmu.

Bakteri ini sangat sehat, jadi tidak ada yang perlu dikhawatirkan dengan efek samping yang akan ditimbulkan pada tubuhmu. Namun, bakteri yang mati memakan ruang dan tidak memungkinkan oksigenasi yang tepat pada kulitmu. 

Ketika kamu menguapi wajah, kamu menghilangkan beberapa bakteri mati yang berarti memberi jalan untuk membuat wajahmu lebih bercahaya.

3 dari 7 halaman

3. Wajah Menerima Lebih Banyak Oksigen

Beberapa orang mungkin menghindari menguapi wajah karena menyebabkan kulit merah dan teriritasi. Namun, karena salah satu manfaat dari menguapi wajah adalah pelebaran pembuluh darah, itu akan memberi wajahmu dorongan oksigen yang signifikan.

Dan sebagian dari kita, ketika selesai menguapi wajah dan tampak semerah lobster, maka bersukacitalah. Itu berarti kamu telah memompa sejumlah oksigen ke wajahmu.

4 dari 7 halaman

4. Menghambat Munculnya Keriput

Memiliki wajah mulus tanpa keriput tentu didambakan banyak wanita. Menguapi wajah menjadi alternatif untuk menghambat munculnya keriput. 

Melakukan hal ini pada wajahmu akan mempercepat sirkulasi, sehingga meningkatkan produksi kolagen dan elastin, memberimu kulit elastis dan menunda munculnya kerutan.

5 dari 7 halaman

5. Menghidrasi Secara Alami

Melepaskan semua sebum dan minyak memaksa tubuhmu untuk menghasilkan lebih banyak minyak alami yang melembabkan kulit dan meningkatkan tingkat hidrasimu. 

Selain itu, menguapi wajah bisa meningkatkan permeablitas kulitmu sehingga memungkinkan kelembaban melewatinya.

6 dari 7 halaman

6. Menyerap Produk Perawatan Kulit dengan Lebih Baik

Menguapi wajahmu bukan menjadi penyembuh masalah kulitmu. Namun, ini menjadi bagian penting dari keseluruhan rejimen perawatan kulitmu.

Hal terbaik jika kamu rutin menguapi wajah yakni produk kecantikan yang diaplikasikan ke wajah akan menyerap dengan baik. Keuntungan ini disebabkan oleh peningkatan sirkulasi dan oksigenasi kulitmu. Karena pori-pori gratis , mereka bisa menyerap lebih banyak. Selain itu, aliran darah yang lebih kuat membuat wajahmu akan lebih reaktif terhadap produk.

Karena kulitmu benar-benar dilembabkan, ketika kamu menambahkan serum, itu semua akan memiliki dampak yang lebih besar.

7 dari 7 halaman

Cara Menguapi Wajah

  • Pertama-tama, siapkan seember air panas kemudian uapi wajah dengan air tersebut kurang lebih 2-3 menit saja.
  • Saat melakukan pemencetan komedo maupun jerawat, gunakan kapas/ alat khusus yang sudah disterilkan dengan alkohol.
  • Pulaskan masker sesuai jenis dan kebutuhan kulit.
  • Bilas dengan air dingin, atau bisa juga mengompres wajah dengan es batu selama 1 menit.
  • Pakai serum untuk wajah sambil mencubit dan memijat lembut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.