Sukses

Terkuak Sudut Mematikan Asteroid Hantam Bumi Musnahkan Dinosaurus

Seorang profesor ilmu keplanetan di Imperial College London menguak detik-detik asteroid menghantam Bumi 66 juta tahun lalu, sehingga memusnahkan dinosaurus.

Liputan6.com, Jakarta - Bumi gonjang-ganjing tatkala asteroid seukuran kota menghunjam Bumi 66 juta tahun lampau. Hantaman dahsyat asteroid ini kemudian membunuh dinosaurus hingga punah.

Petaka dari luar angkasa itu menjadi temuan yang telah disetujui sebagian besar ilmuwan. Hanya saja, bagaimana lintasan asteroid dan arah datangnya hingga menghantam Bumi masih menjadi perdebatan.

Suatu studi terkini pun menguak cara asteroid itu bisa membentuk kawah Chicxulub selebar 200 kilometer di Meksiko yang pada akhirnya membunuh tiga perempat kehidupan di Planet Earth atau Bumi.

Disebutkan pula, asteroid itu datang dari timur laut dengan sudut yang curam, memaksimalkan jumlah gas pengubah iklim yang dilepaskan ke atmosfer.

Dalam studi tersebut, tim peneliti internasional menjelaskan, simulasi 3D mereka menunjukkan asteroid tersebut menyerang pada sudut 40 hingga 60 derajat.

Gareth Collins, seorang profesor ilmu keplanetan di Departemen Ilmu dan Teknik Bumi, Imperial College London, Inggris, menggambarkan sebagai skenario terburuk bagi dinosaurus.

Serangan asteroid melepaskan sejumlah besar gas pengubah iklim ke atmosfir. Selanjutnya memicu serangkaian peristiwa yang menyebabkan kepunahan dinosaurus.

"Kemungkinan ini diperburuk oleh fakta bahwa asteroid menyerang di salah satu sudut paling dapat mematikan," ujar Collins, penulis utama studi yang diterbitkan di jurnal Nature Communications, dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari CNN, Selasa 30 Juni 2020.

Video Pilihan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Skenario Terburuk

"Kita tahu bahwa ini adalah salah satu skenario terburuk untuk benturan mematikan. Karena itu menempatkan puing-puing yang lebih berbahaya ke atmosfer atas dan menyebarkannya ke mana-mana," imbuh Collins.

Ia menjelaskan, serangan asteroid seperti itu kemungkinan dapat melepaskan miliaran ton belerang dan gas-gas lain ke atmosfer. Ini menghalangi matahari dan mengarah ke pendinginan dramatis iklim Bumi.

3 dari 4 halaman

Bukti Kekuatan Ekstrem

Lebih jauh Collins memaparkan, studi yang lebih tua telah menemukan asteroid itu menabrak pada sudut yang lebih dangkal dan datang dari tenggara.

"Ini didasarkan pada interpretasi yang berbeda dari data geofisika, yang pekerjaan kami terbalik, dan pengamatan pada waktu itu menunjukkan bahwa ejecta dari kawah asimetris, dengan lebih banyak ejecta di Amerika Utara (ke barat laut) daripada di tempat lain," katanya dijelaskan melalui email, merujuk pada materi yang dipaksa keluar sebagai benturan.

"Pengamatan yang lebih baru telah menunjukkan bahwa distribusi ejecta lebih atau kurang simetris."

Tim peneliti dari Imperial College London, University of Freiburg di Jerman dan The University of Texas di Austin memeriksa bentuk dan struktur kawah dan batuan yang diekstraksi dengan menggali ke dalam kawah, yang berisi bukti kekuatan ekstrem yang dihasilkan oleh benturan.

"Meskipun terkubur di bawah hampir satu kilometer batuan sedimen, sungguh luar biasa bahwa data geofisika mengungkapkan begitu banyak tentang struktur kawah --cukup untuk menggambarkan arah dan sudut benturan," ungkap Auriol Rae, seorang peneliti pascadoktoral di Universitas Freiburg yang juga penulis pendamping penelitian ini.

 

4 dari 4 halaman

Mengubah Iklim

Informasi ini dan data lain digunakan untuk membangun model yang menyimulasikan bagaimana kawah Chicxulub terbentuk, menentukan arah asteroid berasal dan sudutnya. Tim mempertimbangkan empat sudut berbeda, yakni 90, 60, 45, dan 30 derajat.

Para penulis mengatakan, mereka menganggap 60 derajat sebagai sudut yang paling mungkin karena hubungan antara tiga titik di kawah --pusatnya, cincin gunung yang terbuat dari batu yang sangat retak di dalam tepi kawah dan pusat batuan mantel yang padat dan terangkat 30 kilometer di bawah kawah.

Di kawah Chicxulub, fitur-fitur ini disejajarkan dengan arah barat daya-timur laut, kata studi tersebut, dan simulasi 3D tim pada sudut 60 derajat mereproduksi pengamatan ini hampir persis.

Para penulis mengatakan bahwa sudut benturan akan menghasilkan lebih banyak gas yang mengubah iklim seperti sulfur dan karbon dioksida daripada benturan yang sangat dangkal atau hampir vertikal.

(Raden Trimutia Hatta/Tanti Yulianingsih)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.