Sukses

Warganet Heboh, Gordon Ramsay Masak Omelet Pakai Bumbu Rendang

Warganet Indonesia, dihebohkan dengan aksi juru masak internasional Gordon Ramsay yang membuat sajian omelet yang dikombinasikan dengan bumbu rendang.

Liputan6.com, Jakarta - Publik, khususnya para pengguna jejaring sosial di Indonesia, dihebohkan dengan aksi juru masak internasional Gordon Ramsay yang membuat sajian omelet yang dikombinasikan dengan bumbu rendang.

Melalui video yang diunggah akun YouTube-nya, chef asal Inggris ini menunjukkan cara memasak omelet dengan bumbu rendang yang resepnya ia pelajari dari pakar kuliner dalam negeri, William Wongso.

"Ini sepertinya adalah menu sarapan favorit Gordon yang dibuatnya selama melakukan penjelajahan," begitu penggalan deskrispi yang tertulis.

Ramsay mulai membuat sajian ini dengan memotong bawang merah dan putih sebagai bumbu. "Lalu, saya akan memperlihatkan pada Anda jahe yang sangat segar. Lihat. Penampilannya sangat berbeda dari jahe yang normal," ucapnya sembari memotong rempah tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menggunakan Rempah dan Ikan Asin

Selaras dengan ucapannya sejak awal bahwa sajian ini akan bercita rasa pedas, Ramsay menambahkan potongan cabai merah. Bahan-bahan itu kemudian ditumis dengan sedikit minyak, sembari ditambah garam, dua lembar daun salam, dan satu potongan lengkuas. "Harum sekali," ujarnya.

Setelah agak layu, Ramsay menambahkan ikan asin yang dipotong-potong. "Ini (ikan asin) akan memberi rasa asin," tuturnya. Untuk telur, Gordon Ramsay memilih telur bebek lokal yang dimasukan setelah lengkuas dan daun salam tak lagi berada di penggorengan.

"Saya tak mau jadi terlalu manis," katanya sembari mengangkat lengkuas dan daun salam. Setelah dikocok lepas, empat butir telur bebek yang sudah ditambahkan sedikit cabai merah dan cabai hijau itu dicampur bersama bumbu yang sudah ditumis.

3 dari 4 halaman

Bikin Salah Fokus

Gordon Ramsay kemudian mengaduk sedikit telur yang sudah dimasukan agar bercampur dengan bahan lain. "Setelah agak hancur, baru ratakan telur supaya bagian bawahnya matang," tuturnya.

Kemudian, sentuhan yang sudah ditunggu-tunggu pun datang, yakni menambahkan bumbu rendang di bagian atas omelet tersebut. Membiarkannya selama satu menit, Ramsay tampak beberapa mengetuk penggorengannya ke kompor agar bagian bawah omelet sedikit-sedikit terlepas.

Setelahnya, ia menggulung omelette rendang tersebut, dan siap disajikan. "Rasanya lezat sekali. Pedas, kaya akan rempah, dan autentik," kata Ramsay di suapan pertama saat mencicip sajian buatannya tersebut.

 

4 dari 4 halaman

Respons Warganet Indonesia

Aksi juru masak populer dunia ini tak pelak menarik komentar warganet Indonesia, di mana kebanyakan menuliskan reaksi kocak. Di banyak komentar, mereka mengaku salah fokus mendengar bagaimana Ramsay mengucapkan kata 'rendang'.

"Wow, saya mendengar Gordon Ramsay menyebut rain dank selama sembilan menit penuh," tulis salah satu pengguna YouTube. "Gordon Ramsay: oh ini sangat pedas. Anak Indonesia berusia enam tahun: cute," sambung yang lain.

Beberapa malah ingin mereplikasi resep tersebut dan menambahkannya pada sajian mi instan. Sementara, ada pula yang mengatakan tak afdal makan omlette rendang tanpa nasi hangat.

Penulis:

Asnida Riani

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini