Sukses

6 Manfaat Wasabi Bagi Kesehatan, Cegah Kanker hingga Bantu Turunkan Berat Badan

Selain memberikan rasa yang berbeda pada masakan, wasabi nyatanya memiliki beberapa manfaat bagi tubuh. P

Liputan6.com, Jakarta - Jika kamu ke restoran Jepang dan memesan sushi, kamu pasti akan disuguhkan bumbu pedas hijau yang diletkkan di piring sushimu.

Bumbu hijau ini adalah wasabi, bumbu pokok untuk sushi dan mi yang biasa ada dalam masakan Jepang.

Selain memberikan rasa yang berbeda pada masakan, wasabi nyatanya memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh. Penasaran apa saja? Berikut ulasannya seperti melansir dari Boldsky, Selasa (30/6/2020).

1. Menurunkan Berat Badan  

 

Tanaman wasabi mengandung senyawa yang menghambat pertumbuhan dan pembentukan sel-sel lemak. 

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa senyawa yang disebut 5-Hydroxyferulic acid methyl ester (5-HFA ester) yang ada dalam wasabi menekan pertumbuhan dan pembentukan sel-sel lemak.

Studi lain yang diterbitkan dalam Nutrition Research and Practice, menyimpulkan bahwa ekstrak daun wasabi mencegah penambahan berat badan pada tikus dengan diet tinggi lemak.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Mencegah Kanker

 

Aktivitas antikanker dikaitkan dengan isotiosianat (ITC) dalam wasabi. Studi menunjukkan bahwa ITC dan senyawa serupa lainnya yang ada dalam wasabi menghambat pertumbuhan sel kanker payudara, mulut, usus besar dan pankreas.

Studi lain yang dicatat juga menunjukkan bahwa sayuran seperti wasabi menurunkan risiko kanker paru-paru, payudara, kandung kemih dan prostat.

3 dari 6 halaman

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Wasabi memiliki sifat antihypercholesterolemic yang mmbantu menurunkan kadar kolesterol tinggi, sehingga mengurangi risiko jantung dan stroke. 

Isotiosianat dalam wasabi menghentikan agregasi trombosit (menggumpal bersama trombosit dalam darah) dan mencegah pembentukan gumpalan darah, yang menjadi penyebab utama stroke.

4 dari 6 halaman

4. Meredakan Peradangan

Penelitian menunjukkan bahwa isotiosianat dalam wasabi menghambat sel dan enzim yang meningkatkan peradangan.

5 dari 6 halaman

5. Mencegah Osteoporosis

Asam P-hydroxycinnamic (HCA) dalam wasabi bisa menjaga integritas tulang dengan meningkatkan pembentukan tulang dan mengurangi kerusakan tulang pada manusia.

6 dari 6 halaman

6. Menghambat Kerusakan Gigi

 

Menurut American Chemical Society, wasabi mengandung isothiocyanate yang bisa membantu mencegah kerusakan gigi dan gigi berlubang dengan menghilangkan bakteri yang menyebabkannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini