6 Manfaat Edamame bagi Tubuh, Tingkatkan Imunitas hingga Turunkan Berat Badan

Oleh Yulia Lisnawati pada 29 Jun 2020, 10:00 WIB
Diperbarui 29 Jun 2020, 10:44 WIB
Lip 6 default image
Perbesar
Gambar ilustrasi

Liputan6.com, Jakarta - Kacang edamame adalah kedelai utuh yang banyak dikonsumsi masyarakat, khususnya di Asia. Kacang edamame bewarna hijau dengan ukuran yang lebih besar daripada kedelai.

Edamame memiliki banyak kandungan nutrisi, antioksidan, rendah kalori dan serat. Tak heran jika edamame banyak dipilih sebagai camilan protein yang sangat baik untuk dikonsumsi.

Ternyata, mengkonsumsi kacang edamame memiliki manfaat bagi tubuh. Penasaran apa saja? Berikut ulasannya seperti melansir dari Boldsky, Senin (29/6/2020). 

1. Mencegah Diabetes  

 

Liputan 6 default 3
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan 6

Kacang edamame tidak menyebabkan peningkatan kadar gula darah karena menjadi makanan indeks glikemik rendah. Ini membuat kacang edamame cocok untuk pengidap diabetes.

2 dari 7 halaman

2. Menurunkan Berat Badan

Kacang edamame adalah sumber serat yang hebat, yang dikenal membantu dalam mengatur berat badan dengan bekerja sebagai penekan nafsu makan alami yang kuat.

Ini akan mencegah mengidam makanan lebih lanjut dan membuatmu makan lebih sedikit.

3 dari 7 halaman

3. Menurunkan Risiko Kanker

Isoflavon dalam edamame diklaim bisa menurunkan risiko kanker, terutama kanker payudara.

Menurut Journal of Agriculture and Food Chemistry, salah satu isoflavone utama yang disebut genistein, memiliki sifat antioksidan yang bisa menghambat pertumbuhan sel kanker.

4 dari 7 halaman

4. Tingkatkan Imunitas

Kacang edamame mengandung sembilan asam amino esensial, yang menjadikannya sumber protein lengkap. Protein adalah nutrisi yang sangat baik dengan menyediakan bahan bakar tubuh dan membantu memperbaiki dan membangun jaringan tubuh. 

Protein membutuhkan waktu lebih lama untuk memecah dalam tubuh, sehingga berfungsi sebagai sumber energi tahan lama.

5 dari 7 halaman

5. Meningkatkan Kesehatan Mata

Kacang edamame adalah sumber vitamin A yang baik, vitamin esensial yang dikenal untuk meningkatkan kesehatan mata. 

Vitamin ini juga merupakan komponen rhodopsin, protein yang ada di mata yang memungkinkanmu melihat dalam kondisi kurang cahaya. Vitamin A juga terkait untuk menurunkan risiko katarak dan degenerasi makula terkait usia.

6 dari 7 halaman

6. Perbaiki Gejala Menopause

Penelitian menunjukkan bahwa produk berbasis kedelai kaya akan isoflavone yang diklaim bisa menurunkan risiko osteoporosis pada wanita pascamenopause.

Studi 2017 lainnya menemukan bahwa wanita yang mengkonsumsi produk berbasis kedelai selama 12 minggu memiliki lebih sedikit gejala menopause termasuk kelelahan dan depresi.

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓