Sukses

Siasat Aman Makan Mi Instan yang Perlu Kalian Tahu

Kalian gemar makan mi isntan? wajib tahu siasat aman makan mie instan berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Siapa sih yang suka mi instan? Ya, hampir semua orang tentu menyukainya ya. Tak hanya karena rasanya yang nikmat, cara membuatnya pun sangat praktis.

Itu mengapa mi instan kerap dijadikan alternatif bagi siapa saja yang lapar namun tak memiliki banyak waktu untuk memasak.

Namun kalian tak dianjurkan untuk mengonsumsinya dengan sering ya. Meski begitu bukan berarti tidak ada aturan aman makan mi instan.

Fiastuti mengingatkan bahwa dalam satu hari manusia membutuhkan asupan karbohidrat, serat, dan protein. Sementara, mi instan adalah makanan berkalori tinggi yang rendah zat gizi.

"Pada prinsipnya, kita butuh kalori, zat gizi lain seperti protein, serat, lemak dan vitamin serta mineral. Kalau kalori dari mi instan oke lah, masalahnya kalau cuma dari mi instan itu semua (zat gizi) enggak bisa terpenuhi," tutur Fiastuti saat dihubungi Health-Liputan6.com ditulis Jumat (26/6/2020).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kandungan mi instan

Staf pengajar Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia -RS Cipto Mangunkusumo ini mengajak untuk membedah satu per satu kandungan mi instan.

Dimulai dari mi itu sendiri yang merupakan sumber karbohidrat. Satu bungkus mi berkisar 350-420 kalori. Orang dewasa dalam satu hari membutuhkan asupan sekitar 1.600-2.000 kalori. Sehingga, bila makan satu bungkus mi instan, sekitar 25 persen kebutuhan kalori hari itu terpenuhi.

"Kemudian ada lemak sekitar 18 gram, ada lemak jenuh juga. Protein juga ada tapi tidak terlalu banyak," tuturnya.

Lalu, mi instan, kata Fiastuti, juga mengandung pewarna pada mi serta pengawet.

3 dari 4 halaman

Bisa sebabkan hipertensi

Yang menjadi sorotan Fiastuti adalah kandungan natrium yang tinggi pada mi instan. Di dalam mi instan terdapat monosodium glutamat serta natrium benzoat yang tinggi.

"Kandungan natrium dalam satu kemasan mi instan itu berkisar 600-1.100 mg. Padahal orang hanya boleh mengonsumsi natrium 2.300 mg per hari," tuturnya.

Bila seseorang kelebihan mengonsumsi natrium, hal tersebut bisa menyebabkan hipertensi.

4 dari 4 halaman

Siasat aman makan mi instan

Meski tidak ada anjuran mengenai frekuensi makan mi instan, ada saran agar makanan ini menjadi lebih sehat untuk tubuh.

"Mi instan itu makanan yang mudah dibuat, kalau tidak sempat masak ya pasti dong mi instan itu jadi dewa penolong. Tapi harus bisa mensiasati bagaimana caranya mi instan ini mengandung zat gizi yang cukup," tuturnya.

Pertama, kurangi bumbu di dalam mi instan menjadi setengah saja. Sehingga asupan natrium yang masuk ke dalam tubuh tidak terlalu banyak.  Lalu, hindari menggunakan minyak dalam mi instan.

"Kemudian, air untuk merebus mi instan dibuang dulu, supaya pengawet hilang, pewarna hilang," saran dokter yang bergabung dalam Perhimpunan Onkologi Indonesia (POI) ini.

Lalu, tambahkan sayuran seperti daun bawang, tauge, sawi hijau, atau wortel agar mi instan yang kita santap mengandung serat.

Untuk sumber protein bisa menambahkan satu atau dua putih telur atau suwiran ayam.

"Prinsipnya, kita harus menghitung kebutuhan kita dipenuhi dari makanan apa. Kalau cuma makan mi instan enggak terpenuhi," tutupnya.

 

Reporter: Benedikta Desideria

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.