Sukses

Keren, Warga Malaysia Kini Bisa Setor Uang Koin Buat Ditabung Pakai ATM

Di Malaysia, masyarakatnya bisa menabung uang koin secara langsung atau setor tunai melalui ATM.

Liputan6.com, Jakarta Ketika kecil sebagian besar dari kalian tentu pernah menabung uang recehan di dalam celengan. Meskipun hanya tersedia dalam nominal kecil, uang recehan pun akan menghasilkan jumlah yang banyak jika dikumpulkan sedikit demi sedikit.

Namun saat ini nampaknya sudah jarang orang menabung di celengan mengingat orang lebih memilih menabung uang kertas melalui bank.

Koleksi tabungan uang receh sebenarnya bisa juga disimpan di bank. Namun tentunya proses tersebut sedikit lebih rumit, lantaran teller bank harus menghitung uang satu per satu.

Bahkan ada pula bank yang menolak menerima setoran dalam bentuk uang koin. Namun bukan berarti kalian tak bisa dengan mudah menabung uang receh loh.

Di Malaysia, masyarakatnya bahkan bisa menabung uang koin secara langsung atau setor tunai melalui ATM.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Setor tunai recehan di ATM

Ya, menyadari masih banyaknya masyarakat yang mengoleksi uang koin, Bank Negara Malaysia, mengumumkan bahwa mesin deposit koin akan mulai tersedia secara nasional.

Dikutip dari World of Buzz, salah satu bank yang sudah menyediakan ATM setor tunai untuk uang koin adalah Maybank. ATM ini akan membantu nasabahnya menarik atau menyetor tunai uang recehan ke rekening.

3 dari 3 halaman

Caranya mudah

Pertama, pilih bahasa dan letakkan koin-koin ke kompartemen yang telah disediakan.

Tunggulah mesin yang sedang menghitung jumlah koin kalian. Mungkin mesin ini akan menolak salah satu uang koin. Tapi tak masalah, kalian bisa meletakkannya kembali di slot terbawah.

Setelah itu, mesin akan mencetak dua slip nota. Pertama, tanda terima dan kedua adalah voucher.

Isilah formulir setor rekening dan jumlah koin yang telah dihitung. Pergilah ke bank dan setorkan ini ke petugas bank. Dengan begitu, uang koin yang telah ditabung tersebut bisa langsung terakumulasi ke rekening bank.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.