Sukses

6 Manfaat Menakjubkan Tomat, Bikin Awet Muda hingga Lancarkan Pencernaan

Tomat ternyata dikemas dengan berbagai manfaat kesehatan. Penasaran apa saja? Cek di sini.

Liputan6.com, Jakarta - Tomat menjadi salah satu buah yang disukai banyak individu. Selain untuk masakan, tomat juga bisa dijadikan camilan dan dikonsumi secara mentah.

Buah merah ini ternyata dikemas dengan berbagai manfaat kesehatan. Kulit, biji dan daging tomat bisa digunakan untuk dikonsumsi karena banyaknya manfaat kesehatan yang dimilikinya.

Nah, penasaran apa saja manfaat mengkonsumsi tomat bagi tubuh? Berikut ulasannya seperti melansir dari Boldsky, Senin (22/6/2020).

1. Bantu Sirkulasi Darah   

Menurut beberapa ahli kesehatan di Uni Eropa, gel alami yang ditemukan di bagian luar biji tomat bisa membantu meningkatkan sirkulasi darahmu.

Ini membantu dalam membatasi pembekuan darah dan meningkatkan aliran darahmu melalui pembuluh darah.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Awet Muda

 

Tomat dipercaya mampu membuat kulit makin cantik. Kandungan lycopene di dalam si buah merah menggemaskan ini dapat membantu mengurangi kerusakan sel kulit dan kemerahan akibat iritasi yang biasa terjadi pada kulit.

Rusaknya sel kulit dapat mengakibatkan kerutan pada wajah, khususnya area sekitar mulut serta di mata.

3 dari 6 halaman

3. Lancarkan Pencernaan

 

Biji tomat telah dinyatakan memiliki jumlah serat makanan yang cukup, sehingga penting untuk membantu pencernaan.

Ini juga mengandung sejumlah besar asam amino dan TMEn yang bisa dicerna, yang selanjutnya bisa meningkatkan pencernaanmu.

4 dari 6 halaman

4. Membuat Kulit Berkilau

Manfaat tomat berikutnya adalah untuk mengatasi kulit kusam. Tomat akan memiliki efek menetralkan dan mendinginkan kulit. Manfaat tomat untuk memperkilau wajah ini akan makin maksimal dengan dipadu yogurt. Pasalnya yogurt akan mencerahkan dan menutrisi kulit.

5 dari 6 halaman

5. Membersihkan Kulit

Memadukan tomat dan alpukat untuk membersihkan kulit. Alpukat memiliki sifat hydrating dan tomat memiliki sifat astringent alami, yang keduanya bekerja dengan baik menutrisi kulit.

6 dari 6 halaman

6. Meredakan Jerawat

Manfaat tomat selanjutnya adalah untuk meredeakan jerawat. Hal ini dikarenakan tomat mengandung Vitamin A dan C, yang keduanya sangat membantu dalam mengurangi jerawat.

Untuk mendapatkan manfaat tomat demi meredakan jerawat, potong saja tomat menjadi dua dan gosokkan potongan tomat dengan gerakan melingkar pada kulit Anda selama sekitar 10 menit. Jika sudah, cuci muka Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.