Sukses

5 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh

Liputan6.com, Jakarta - Masa pandemi Covid-19 yang melanda dunia, termasuk Indonesia saat ini, menimbulkan berbagai protokol kesehatan baru yang harus dipatuhi. Hal tersebut bertujuan agar diri kita terlindung dari paparan virus berbahaya tersebut. Salah satu kuncinya adalah dengan menjaga imunitas tubuh.

Menjaga imunitas tubuh menjadi pertahanan terakhir setelah mengikuti berbagai macam anjuran, seperti menggunakan masker, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, serta menjaga jarak antarsesama.

Sistem imunitas merupakan hasil kerjasama dari rangkaian sel, jaringan, protein, dan organ tubuh. Imunitas atau sistem kekebalan tubuh yang berfungsi dengan baik akan membantu melawan berbagai ancaman penyebab penyakit berbahaya atau infeksi.

Oleh karena itu, penting menjaga imunitas tubuh kita selama masa pandemi Covid-19 seperti saat ini. Lantas, kebiasaan sederhana apa saja sih yang bisa dilakukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita?

Saksikan Video Pilihan Di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Tertawa

Tertawa dipercaya dapat meningkatkan sistem imun dengan memproduksi sel-sel yang dapat melawan patogen serta memicu berbagai hal positif pada pikiran dan tubuh.

Ketika tertawa tubuh akan terasa lebih bersinergi dan positif. Hal ini karena terdapat beberapa senyawa kimia baik yang diproduksi di dalam tubuh.

Senyawa tersebut adalah hormon endorfin. Hormon ini berfungsi sebagai pemicu rasa senang pada pikiran dan mengurangi stres. 

3 dari 6 halaman

2. Tidur yang cukup

Dilansir dari laman Web MD, Senin (22/6/2020), setidaknya kita memerlukan durasi waktu 7-9 jam untuk tidur setiap harinya. Pasalnya, akibat kekurang tidur, tubuh kita menjadi lebih mudah sakit setelah terpapar virus.

Diketahui, ketika tidur kadar kortisol dan adrenalin menurun, sementara melatonin meningkat. Hal ini berguna untuk mengatasi terjadinya peradangan. Sistem kekebalan sendiri bergantung pada energi, dan saat tertidur lah energi kita terisi kembali. Pastikan kamu memiliki waktu tidur yang cukup ya.

4 dari 6 halaman

3. Hindari stres

Perasaan tertekan, cemas, dan tegang dapat diartikan sebagai stres. Ketika mengalami stres diri kita justru rentan meningkatkan risiko terserang penyakit. Hal ini bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh kita.

Untuk menghindari stres, penting bagi kita untuk menjaga keseimbangan diri. Stres yang tak bisa dikendalikan akan menyebabkan sistem imun yang lemah. Sementara di masa pandemi Covid-19 saat ini, kita perlu menjaga sistem imunitas tubuh kita agar tak mudah terserang virus atau penyakit.

5 dari 6 halaman

4. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung quercitin

Untuk menjaga dan meningkatkan sistem imunitas tubuh, kita disarankan agar mengonsumsi buah dan sayur-sayuran. Diketahui, orang yang mengonsumsi kedua jenis makanan tersebut tak mudah terserang penyakit.

Hal ini karena kandungan mineral dan vitamin yang terkandung di dalamnya bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melawan virus.

Salah satu yang bisa meningkatkan imunitas tubuh adalah buah dan sayur yang mengandung quercitin.

Quercitin memiliki efek antioksidan dan anti inflamasi yang bisa mengurangi peradangan dan membunuh sel kanker. Buah dan sayur yang memiliki kandungan quercitin, yaitu apel, bawang-bawangan, dan teh hijau.

6 dari 6 halaman

5. Mengonsumsi kunyit

Sebagai rempah, kunyit memiliki berbagai manfaat. Kandungan aktif kurkumin di dalamnya memiliki senyawa yang kuat akan antioksidan dan antiinflamasi.

Kandungan di dalam kunyit dinilai mampu mencegah sejumlah penyakit, mulai dari yang ringan hingga berat. Salah satunya adalah untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.