Lagi Malas? 5 Gerakan Olahraga di Atas Kasur Ini Bisa Kamu Coba

Oleh Ulya Kaltsum pada 21 Jun 2020, 10:00 WIB
Diperbarui 21 Jun 2020, 10:00 WIB
Olahraga
Perbesar
Simak sejumlah manfaat positif melakukan olahraga bersama pasangan. (Foto: Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Selama masa pandemi Corona atau Covid-19, masyarakat diharuskan berdiam diri di rumah sebagai upaya memutus rantai penyebaran pandemi ini.

Pada masa PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), masyarakat juga dimudahkan untuk melakukan aktivitas melalui perangkat digital. Seperti, bekerja dan sekolah secara online, menonton film, hingga bermain gim.

Hal tersebut menjadi kebiasaan sehingga berkembang menjadi gaya hidup baru. Gaya hidup yang membuat tubuh kita sedikit bergerak. Jika dibiarkan secara terus menerus, hal ini bisa menimbulkan penyakit.

Karena itu, kita tetap perlu melakukan latihan fisik di rumah terutama fokus pada peregangan dan penguatan otot supaya lebih seimbang. Tak perlu olahraga yang sulit, bahkan kamu cukup berada di atas kasur.

Berikut beberapa gaya olahraga yang bisa kamu lakukan ketika di atas kasur.

2 dari 7 halaman

1. Leg Lift

leg lift
Perbesar
Lagi malas, olahraga di atas kasur juga bisa

Rebahkan tubuhmu di atas kasur dan letakkan kedua tanganmu di sisi tubuh. Angkat kaki kanan hingga membentuk sudut 90 derajat dengan pinggul.

Lakukan hal yang sama pada kaki sebelah kiri. Atur nafas saat kamu mengangkat kaki. Ulangi gerakan ini selama 10 kali.

3 dari 7 halaman

2. Planking

planking
Perbesar
Lagi malas, olahraga di atas kasur juga bisa

Gerakan plank membantu dalam membentuk otot di sekitar perut dan pinggang, serta bisa memperbaiki postur tubuh secara keseluruhan. Selain itu, planking bisa membuat tubuh lebih seimbang dan lentur.

Gerakan plank ini bisa dilakukan di atas kasur. Posisikan tubuh seperti sedang push up, ttapi yang menjadi tumpuan adalah sikut dan lengan. Arahkan beban ke lengan, jari kaki, dan bagian perut. Luruskan sikut hingga sejajar dengan bahu. Angkat tubuh supaya tidak terkena lantai dan membentuk garis lurus.

Tahan posisi tersebut selama 20 detik dan ulangi hingga tiga kali. Gerakan plank sendiri memiliki berbagai gaya, agar lebih menantang kamu bisa mencoba gerakan plank lainnya.

4 dari 7 halaman

3. The Half Bridge

the half bridge
Perbesar
Lagi malas, olahraga di atas kasur juga bisa

Mulailah membentuk garis lurus dari bahu, pinggul, hingga lutut. Angkat dan tahan posisi tersebut selama 30 detik. Setelah itu, kamu bisa memberi jeda selama 15 detik dan kembali mengulangi gerakan tersebut.

Jangan lupa untuk mengatur nafas selama melakukan gerakan ini. Gerakan bridge pose ini memiliki manfaat, seperti meregangkan dan memperkuat otot-otot tubuh, dan juga memperbaiki postur.

5 dari 7 halaman

4. Donkey Kick

donkey kick
Perbesar
Lagi malas, olahraga di atas kasur juga bisa

Salah satu gerakan olahraga yang dapat menguruskan badan. Cara melakukannya pun cukup mudah.

Letakkan tangan sejajar dengan bahu. Kemudian tekuk sebelah kaki dan naikkan kaki satunya dengan tinggi. Atur tumpuan hanya pada otot bokong dan kaki. Lakukan dalam waktu 45 detik dan jeda selama 15 detik.

Gerakan donkey kick sendiri sangat baik untuk melatih otot bokong, paha, dan betis.

6 dari 7 halaman

5. Crunch

Lip 6 default image
Perbesar
Gambar ilustrasi

Sekilas gerakan crunch memang mirip dengan sit up. Namun, bedanya ketika melakukan gerakan crunch hanya tubuh bagian atas yang diangkat dan tak sepenuhnya seperti sit up.

Gerakan crunch dinilai lebih ampuh untuk mengecilkan perut dan membuat tubuh tampak lebih fit. Melakukan gerakan ini pun cukup mudah dan bisa dilakukan di atas kasur.

Posisi tubuh dalam keadaan berbaring. Tekuk lutut, telapak kaki menumpu pada kasur dengan posisi sejajar dengan lutut atau bisa diregangkan sedikit. Letakkan tangan di belakang kepala. Angkat tubuh bagian atas dan ambilah nafas setiap kali kamu mengangkat tubuhmu. Ulangi gerakan tersebut sebanyak 10 kali.

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan Di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓