Wajib Tahu, Ini 4 Tips Mudah untuk Tingkatkan Imun Tubuh

Oleh Camelia pada 22 Jun 2020, 09:00 WIB
Diperbarui 22 Jun 2020, 09:00 WIB
Liputan 6 default 2
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan6

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah pandemi Corona atau Covid-19, seperti saat ini sangat penting untuk kita menjaga imunitas tubuh. Bagaimana tidak, sistem kekebalan tubuh seseorang sangat berperan untuk melawan virus atau bakteri yang masuk ke dalam tubuh.

Begitu pula sebaliknya, imun tubuh yang lemah dapat menyebabkan seseorang lebih mudah terserang penyakit. Hal ini lantaran tubuh tidak dapat melawan virus atau bakteri yang masuk dalam tubuh dengan baik.

Oleh karena itu, kamu sangat dianjurkan untuk selalu menjaga dan meningkatkan sistem imun tubuh. Tak sulit, ada empat tips sederhana yang bisa membantumu meningkatkan imun tubuh, berikut ulasannya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Makan buah dan sayur

Ilustrasi sayur dan buah
Perbesar
Mengonsumsi banyak sayuran dapat membantu diet dan memiliki manfaat kesehatan lainnya. (iStock)

Jika ingin meningkatkan imun tubuh, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi makanan bergizi. Penting juga untuk kamu mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan.

Antioksidan memiliki karakteristik protektif yang baik untuk tubuh dan sistem kekebalan tubuh. Sumber terbaik untuk berbagai antioksidan adalah buah dan sayur segar, berry, biji-bijian dan kacang-kacangan. Secara umum semakin berwarna buah dan sayuran, maka semakin banyak pula kandungan antioksidannya.

Komponen antioksidan dari makanan ini melindungi sel-sel dengan mengubah atau menetralkan radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul yang sangat tidak stabil yang merusak tubuh pada tingkat sel dan melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Olahraga

Ilustrasi olahraga
Perbesar
Ilustrasi olahraga (iStockphoto)

Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan imun tubuh ialah dengan berolahraga.

Olahraga bisa meningaktkan detak jantung serta kecepatan dan kedalaman pernapasan. Aliran darah yang keluar masuk dengan ekstra dari udara ini mungkin merupakan bantuan tambahan yang dibutuhkan tubuh untuk menghilangkan bakteri dan virus.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tidur cukup

Liputan 6 default 3
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan 6

Selain makan makanan bergizi dan olahraga, kamu juga dianjurkan untuk tidur yang cukup dan hindari begadang. Diperlukan kualitas tidur yang baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh kita berfungsi dengan baik.

Ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa seseorang akan lebih mudah jatuh sakit jika terkena virus ketika kurang tidur. Usahakan untuk tidak begadang di malam hari dan tidur setidaknya 7-8 jam.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Jalani gaya hidup sehat

Liputan 6 default 2
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan6

Menjaga sistem kekebalan tubuh juga dapat dilakukan dengan mengatur gaya hidup. Gaya hidup yang tidak sehat secara umum dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh seseorang contohnya saja seperti merokok.

Menghilangkan kebiasaan merokok akan membuat sistem kekebalan tubuh meningkat dalam melawan infeksi virus.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓