Sukses

6 Manfaat Buncis untuk Kesehatan, Perkuat Imunitas hingga Cegah Depresi

Buncis menawarkan manfaat yang besar bagi individu yang mengkonsumsinya setiap hari.

Liputan6.com, Jakarta - Buncis menjadi salah satu sayuran yang disukai banyak individu karena bisa ditambahkan dalam beragam hidangan. Sayuran dengan bentuk khas ini bisa dimakan mentah dan dimasak.

Selain itu, buncis mengandung berbagai vitamin, rendah kalori, lemak, serat tinggi dan bisa memenuhi kebutuhan protein harian seseorang.

Untuk itu, buncis menawarkan manfaat yang besar bagi individu yang mengkonsumsinya setiap hari. Nah, penasaran apa saja manfaatnya? Berikut ulasannya seperti melansir dari Boldsky, Jumat (19/6/2020).

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung  

 

Buncis sarat dengan serat larut dan flavonoid pelindung jantung. Flavonoid ini memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu mengatur aktivitas trombotik dalam sel dan mencegah pembekuan darah di arteri.

Serat larut dalam buncis bisa menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Menurunkan Berat Badan

Buncis sangat rendah kalori dan lemak yang membuatnya menjadi sayuran yang ideal bagi mereka yang ingin mempertahankan berat badannya.

Buncis mengandung banyak serat yang menekan nafsu makan dan meningkatkan rasa kenyang, sehingga membantu penurunan berat badan.

3 dari 6 halaman

3. Mencegah Depresi

Buncis mengandung jumlah folat yang baik, yang dikenal bisa membantu depresi karena mineral ini mencegah pelepasan homocysteine yang berlebih di dalam tubuh.

Kelebihan homocysteine bisa menghentikan darah dan nutrisi lain dari mencapai otak dan menghalangi produksi hormone serotonin, dopamine dan norepinefrin, yang mengatur tidur, suasana hati dan nafsu makan.

4 dari 6 halaman

4. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Buncis adalah sumber vitamin C yang sangat baik, antioksidan yang larut dalam air membantu mendukung sistem kekebalan tubuhmu dan melawan radikal bebas yang menyebabkan penyakit kronis seperti kanker, penyakit kardiovaskular, penyakit mata, gangguan autoimun dan inflamasi.

5 dari 6 halaman

5. Baik untuk Penglihatan

Buncis kaya akan karotenoid yang memainkan peran efektif dalam mencegah degenerasi makula terkait usia. Degenerasi makula adalah suatu kondisi yang menyebabkan penglihatan buruk. 

Selain itu, buncis juga kaya akan lutein dan zeaxanthin yang membantu menjaga penglihatan yang baik.

6 dari 6 halaman

6. Mencegah Cacat Lahir Selama Kehamilan

Buncis adalah sumber folat, mineral yang sangat berguna untuk pembelahan sel dan sintesis DNA. Wanita hamil wajib memasukkan buncis dalam menu makanannya untuk mencegah cacat tabung saraf pada bayi.

Menurut Harvard Medical School, buncis adalah sumber kaya zat besi yang meningkatkan kesuburan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.