Sukses

Perlu Diperhatikan, Ini Tips Aman Naik Kereta di Era New Normal

Agar tetap aman ketika naik kereta di era normal baru ini, berikut beberapa tips yang wajib diperhatikan.

Liputan6.com, Jakarta Sebagian besar masyarakat telah kembali beraktivitas seperti biasa di era new normal atau normal baru saat ini.

Sebelumnya para pekerja harus menjalani Work from Home kurang lebih 3 bulan lamanya. Beberapa transportasi umum pun telah beroperasi seperti biasa.

Namun ada beberapa hal yang wajib diperhatikan pengguna, salah satunya seperti penumpang kereta.

Agar tetap aman ketika naik kereta di era normal baru ini, berikut beberapa tips yang wajib diperhatikan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kenakan pelindung diri

Dokter spesialis penyakit dalam Edward Faisal menyebutkan beberapa kiat agar tetap aman ketika menaiki kereta di era normal baru. Menurutnya, beberapa Alat Pelindung Diri (APD) harus dikenakan untuk mencegah penularan COVID-19.

“Bisa mengenakan topi, masker kain, kalau sarung tangan sebetulnya lebih diperuntukkan tenaga kesehatan, berpikir positif, dan patuhi protokol,” ujar Edward dalam siaran langsung YouTube BNPB Rabu (17/6/2020).

3 dari 4 halaman

Jaga jarak satu meter

Dirinya juga menambahkan, jarak yang paling aman untuk mengantre di stasiun setidaknya satu meter.

“Menurut penelitian, jarak setidaknya satu meter karena kalau batuk droplet berisi virus yang keluar itu jarak jatuhnya satu meter.”

Droplet juga dapat keluar ketika orang mengobrol. Maka dari itu, penggunaan masker diperlukan untuk menahan droplet agar tidak sampai ke orang lain, tambah Edward.

4 dari 4 halaman

Menurut pengguna kereta

Rachmi Rini seorang pengguna kereta melihat akhir-akhir ini orang-orang mulai menggunakan lagi moda transportasi tersebut walau tidak sepadat dulu sebelum adanya COVID-19.

Ia mengatakan, pihak KAI sudah memasang berbagai rambu-rambu di stasiun. Berbagai upaya pencegahan juga dilakukan petugas kereta api seperti pengecekan suhu dan pengecekan penggunaan masker.

 “Sebelum pandemi kami leluasa menaiki kereta, tapi saat ini di setiap stasiun ada petugas yang mengatur kapan kami bisa masuk ke kereta dan kapan harus menunggu,” ujar Rachmi dalam kesempatan yang sama.

Beberapa persiapan yang dilakukan Rachmi sebelum naik kereta antara lain mengenakan masker, sarung tangan, membawa tisu, serta mengenakan pakaian panjang.

“Saya menyadari setiap orang jadi panutan bagi orang lain. Jadi saya tetap melakukan jaga jarak walaupun naik kereta dengan suami atau keluarga terdekat saya.” 

Reporter: Ade Nasihudin Al Ansori

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.