Sukses

6 Manfaat yang Didapat Tubuh Jika Konsumsi Ubi Jalar

Nah, penasaran apa saja manfaat mengkonsumsi ubi jalar bagi kesehatan tubuh? Cek di sini.

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat Indonesia, tentu sudah tidak asing dengan ubi jalar. Jenis tumbuhan yang dimanfaatkan akarnya ini bisa diolah menjadi berbagai hidangan, misalnya jajanan tradisional, kolak dan ubi goreng.

Ubi jalar memiliki manfaat nutrisi yang lebih kuat dan mengandung banyak serat dan vitamin A. Ubi jalar serbaguna dan bisa digunakan sebagai pengganti makanan yang lebih menggemukan untuk membuat makananmu lebih rendah kalori.

Selain nikmat untuk dijadikan panganan, ternyata juga dapat memiliki manfaat untuk kesehatan. Nah, penasaran apa saja manfaat mengkonsumsi ubi jalar bagi kesehatan tubuh? Berikut ulasannya seperti melansir dari Boldsky, Selasa (16/6/2020).

1. Mengatur Kadar Gula Darah

Meski ubi mengandung pati, namun akan berubah menjadi gula sederhana di saluran pencernaan setelah kamu konsumsi. Dengan cara ini, itu tidak membahayakan tubuhmu.

Pengidap diabetes bisa mengkonsumsi ubi jalar yang akan membantu mengurangi dan mengatur kadar gula darah mereka. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Meningkatkan Fungsi Otak

Para peneliti telah menemukan bahwa makan ubi jalar bisa membantu meningkatkan fungsi otak. Selain itu, bisa meningkatkan daya ingat karena nutrisi dan antioksidan yang ada di dalamnya.

Jadi, jika kamu kesulitan mengingat sesuatu, konsumsilah ubi lebih sering.

3 dari 6 halaman

3. Meningkatkan Kekebalan

Ubi jalar sarat dengan vitamin A, yakni sekitar 438 persen dari kebutuhan vitamin A harian. Vitamin A ini memainkan peran utama dalam banyak aspek kesehatan, tapi terutama memperkuat kekebalanmu dan melindungimu dari radikal bebas yang tidak diinginkan.

 

4 dari 6 halaman

4. Menurunkan Berat Badan

Jika kamu tengah menjalani diet, kamu bisa memasukkan ubi dalam menu makananmu. Ubi membantu penurunan berat badan karena padat nutrisi dan sarat dengan serat untuk menjaga perutmu kenyang.

Serat mendorong rasa kenyang dan mengurangi keinginan untuk membantu menurunkan berat badan.

5 dari 6 halaman

5. Mengobati Kanker

Pigmen yang bertanggung jawab atas warna ubi jalar dan beta-karoten memilki kemampuan untuk mengobati kanker.

Vitamin C dan beta-karoten yang terkandung dalam ubi sangat bermanfaat dalam menyembuhkan berbagai jenis kanker seperti usus besar, prostat, ginjal dan lainnya.

6 dari 6 halaman

6. Sumber Kalium yang Baik

Kalium adalah salah satu elektrolit penting yang membantu mengatur detak jantung. Kalium yang ditemukan dalam ubi jalar melakukan banyak fungsi penting, beberapa di antaranya termasuk relaksasi otot dan mengurangi pembengkakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.