Sukses

Sembuh dari Infeksi Virus Corona, 4 Masalah Kesehatan Ini Akan Kamu Alami Selamanya

Meski kamu selamat dari serangan virus Corona, masalah-masalah kesehatan ini mungkin akan tetap kamu alami selamanya

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin telah membaca banyak tentang tingkat kematian di tengah pandemi virus Corona. Meski memang terdapat kematian bagi si penderita, namun faktanya sebagian besar pasien sembuh.

Sayangnya, dokter dan peneliti telah menemukan efek jangka panjang yang mungkin dimiliki pasien yang selamat dari virus Corona. Pengamatan dan penelitian berkelanjutnya akan menentukan dampak seumur hidup yang mungkin ditimbulkan oleh virus tersebut.

Akan tetapi, sudah ada bukti bahwa pasien yang pulih dapat menderita beberapa gejala virus Corona selamanya. Inilah yang cenderung bertahan.

Berikut beberapa gejala tersebut seperti dilansir dari BestLife.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Sesak napas

Virus Corona adalah penyakit yang menyerang saluran pernapasan. Pada kasus yang parah, ini dapat menyebabkan kerusakan permanen pada paru-paru.

Batuk dan sesak napas adalah gejala yang sering dilaporkan, yang dapat bertahan bahkan setelah pemulihan penuh. Masalah paru-paru lainnya mungkin timbul juga.

"Infeksi saluran pernapasan akibat virus dapat menyebabkan apa saja, mulai dari batuk ringan yang berlangsung selama beberapa minggu atau bulan, hingga mengi atau asma kronis," kata ahli paru Andrew Martin , MD, dari Deborah Heart and Lung Center, kepada Healthline.

Martin juga mengatakan bahwa pasien yang menderita sindrom gangguan pernapasan akut (ARDS) lebih mungkin memiliki kondisi ini.

 

3 dari 5 halaman

2. Masalah neurokognitif

Yang menakutkan, virus Corona juga dapat merusak otak secara permanen . Sebuah penelitian yang diterbitkan di JAMA April ini menemukan bahwa sepertiga pasien coronavirus di Wuhan, Cina, mengalami gejala neurologis , seperti pusing, kehilangan bau dan rasa, kebingungan, sakit kepala, dan bahkan kejang.

Elemental by Medium melaporkan bahwa belum ditentukan apakah penyakit itu sendiri menyerang otak atau apakah gejala-gejala ini adalah akibat dari kekurangan oksigen atau respon imun inflamasi, sehingga tidak dapat diprediksi apakah itu bersifat sementara atau tidak.

 

4 dari 5 halaman

3. Komplikasi kardiovaskular

Menurut Mariell Jessup , MD, kepala ilmu pengetahuan dan petugas medis dari American Heart Association, kepada Elemental, infeksi pernapasan secara umum terbukti meningkatkan risiko seseorang mengalami masalah kardiovaskular. Dan banyak pasien virus Corona menderita ini, seperti gagal jantung atau gejala yang menyerupai serangan jantung atau miokarditis.

Yang lebih memprihatinkan adalah bahwa gejala-gejala ini bermanifestasi pada beberapa yang sudah berisiko tinggi untuk penyakit jantung dan juga pada beberapa yang tidak. Vox melaporkan bahwa peradangan yang disebabkan oleh virus Corona mungkin secara langsung berdampak pada jantung , dalam beberapa kasus melemahnya secara permanen.

 

5 dari 5 halaman

4. Risiko pembekuan darah

Pembekuan darah merupakan masalah serius bagi pasien coronavirus. Ini dapat menyebabkan stroke, serangan jantung, emboli paru, dan peristiwa kesehatan utama lainnya, yang semuanya memiliki konsekuensi jangka panjang.

Efek-efek ini termasuk sesak napas, kelelahan, masalah jantung yang sedang berlangsung, dan banyak lagi. Tampaknya juga pembekuan masih dapat terjadi setelah gejala-gejala lain hilang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.