Sukses

6 Manfaat Menakjubkan Buah Nangka, Bantu Detoksifikasi Tubuh

Buah nangka tidak hanya mudah didapat, tapi juga memiliki banyak manfaat.

Liputan6.com, Jakarta - Buah nangka banyak disukai individu karena rasanya enak dan memiliki aroma khas. Tak heran jika nangka sering digunakan sebagai bahan campuran minuman dan makanan.

Buah nangka tidak hanya mudah didapat, tapi juga memiliki banyak manfaat. Nangka mengandung zat tepung dan dipercaya sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Selain itu, nangka juga kaya akan vitamin C, vitamin A, kalium, zat besi, niasin, seng dan thiamin di dalamnya. Nah, penasaran apa saja manfaat buah nangka bagi tubuh? Berikut ulasannya seperti melansir dari Boldsky, Kamis (11/6/2020).

1. Detoksifikasi Tubuh

Daun dan biji buah ini luar biasa untuk mendetoksifikasi tubuh dari semua racun yang dikandungnya. Itu juga bisa digunakan secara eksternal yang diterapkan pada kulit untuk mencegah keriput dini.

Karena itu, mendetoksifikasi tubuh bisa memberimu kulit yang sempurna dan bercahaya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Baik untuk Sistem Saraf

Nangka memiliki jumlah niasin dan tiamin yang lebih tinggi dibandingkan pisang dan mangga.

Ini bertindak sebagai makanan energi untuk atlet, dan konsumsinya mencegah kelemahan otot, kelelahan fisik dan mental, stres karena nutrisi yang diberikan sangat penting untuk sel-sel saraf dan serat otot.

3 dari 6 halaman

3. Mencegah Pilek dan Infeksi

Nangka memiliki cadangan vitamin C yang bisa mencegah pilek dan infeksi ringan apa pun. Antioksidan membantu menjaga sistem kekebalan tubuh dengan baik.

4 dari 6 halaman

4. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Nangka memiliki vitamin B6. Vitamin ini menurunkan kadar homocysteine yang mencegah kerusakan sel endotel yang menyebabkan peradangan pembuluh darah.

Tingkat tinggi homosistein dikaitkan dengan penyakit jantung dan karenanya, nangka bisa menurunkan risiko ini.

5 dari 6 halaman

5. Meningkatkan Penglihatan

Vitamin A sangat penting untuk kesehatan mata. Ini adalah antioksidan yang menghilangkan radikal bebas dan melindungi mata.

Beta-karoten dan lutein zeaxanthin hadir dalam nangka juga bisa dikonversi menjadi vitamin A yang menyediakan lebih banyak antioksidan.

6 dari 6 halaman

6. Mencegah Kanker

Radikal bebas dalam tubuh diproduksi karena stress oksidatif dan ini merusak DNA, menyediakan lingkungan yang cocok untuk produksi sel kanker.

Nangka memiliki banyak antioksidan, flavonoid dan fitonutrien yang mencegah stress oksidatif seperti itu terjadi, dan dengan demikian bisa mencegah kanker.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini