6 Manfaat Kacang Hijau, Bisa Tingkatkan Kekebalan hingga Kurangi Gejala PMS

Oleh Yulia Lisnawati pada 10 Jun 2020, 19:00 WIB
Diperbarui 10 Jun 2020, 19:00 WIB
ilustrasi kacang hijau/pexels
Perbesar
ilustrasi kacang hijau/pexels

Liputan6.com, Jakarta - Kacang hijau menjadi bahan makanan yang sering dikonsumsi publik, khususnya di Indonesia.

Karena kaya akan nutrisi, kacang hijau nyatanya bermanfaat dalam memerangi beberapa penyakit kronis yang berkaitan dengan usia serta penyakit jantung, kanker, diabetes dan obesitas.

Nah, penasaran apa saja manfaat kacang hijau bagi kesehatan? Berikut ulasannya seperti melansir dari Boldsky, Rabu (10/6/2020).

1. Meningkatkan Kekebalan

Liputan 6 default 3
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan 6

Kacang hijau adalah sumber fitonutrien baik, yang memiliki sifat antiinflamasi dan antimikroba. Mereka membantu meningkatkan kekebalanmu dan melawan bakteri, pilek, virus, iritasi, ruam dan lainnya.

 

 

 

 

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kandungan protein dan serat yang tinggi dalam kacang hijau meningkatkan rasa kenyang, sehingga membuatmu merasa kenyang.

Ini akan menyebabkan seseorang menghentikan kebutuhan untuk mengunyah makanan dan camilan yang tidak sehat secara terus-menerus, meningkatkan penurunan berat badan.

Ini meningkatkan hormone kenyang yang disebut cholecystokinin dan bisa memerangi obesitas.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

3. Mengurangi Gejala PMS

Vitamin B dalam kacang hijau, seperti vitamin B6 dan folat memainkan peran penting dalam mengendalikan fluktasi hormon, dan di sana mengelola gejala parah yang berkaitan dengan PMS. 

Vitamin B, folat dan magnesium bisa membantu menurunkan rasa sakit dan keparahan yang terkait dengan PMS, seperti mengelola kram, sakit kepala, perubahan suasana hati, kelelahan dan nyeri otot.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

4. Mencegah Kanker

Tingginya jumlah oligosakarida dan polifenol (asam amino) hadir dalam kacang hijau membatasi timbulnya kanker.

Demikian juga, sifat antioksidan kacang hijau yang bermanfaat dalam melindungi tubuhmu dari kerusakan DNA dan mutasi sel berbahaya. Itu juga dinyatakan memiliki sifat antitumor.

Flavonoid vitexin dan isovitexin memiliki kemampuan menghancurkan radikal bebas, yang berkontribusi terhadap penurunan Stress oksidatif yang bisa menyebabkan perkembangan kanker.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

5. Meningkatkan Pencernaan

Karena mudah dicerna, kacang hijau sangat bermanfaat dalam membantu proses pencernaan.

Kacang hijau membantu dalam mendetoksifikasi tubuhmu karena kandungan seratnya. Ini membantu dalam mencegah gejala IBS seperti sembelit.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

6. Meningkatkan Fokus Mental

Kandungan zat besi dalam kacang hijau membantu dalam proses membawa oksigen dalam darah, serta pasokan darah ke semua organ dan jaringan.

Ini bermanfaat bagi individu dengan masalah konsentrasi dan memori yang lemah, karena kandungan zat besi bekerja untuk memastikan jumlah pasokan oksigen yang cukup ke otakmu. Ini membantu dalam meningkatkan fokus seseorang serta memori.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya