Sukses

Wajib Tahu, 4 Cara Mudah Tingkatkan Imun Tubuh

Ada 4 cara sederhana yang bisa membantu kalian meningkatkan imun tubuh, berikut ulasannya.

Liputan6.com, Jakarta - Di saat seperti ini, menjaga imunitas tubuh menjadi hal yang sangat penting. Sistem kekebalan tubuh seseorang sangat berperan untuk melawan virus atau bakteri yang masuk ke dalam tubuh.

Sebaliknya, sistem kekebalan tubuh yang lemah dapat menyebabkan seseorang lebih mudah terserang penyakit karena tubuh tidak dapat melawan virus atau bakteri yang masuk dalam tubuh dengan baik.

Maka itu, kamu disarankan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tak sulit kok ada 4 cara sederhana yang bisa membantumu meningkatkan imun tubuh, berikut ulasannya.

Konsumsi buah dan sayur

Jika ingin meningkatkan imun tubuhmu, dianjurkan untuk mengonsumsi makanan bergizi. Kamu juga penting untuk mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan.

Antioksidan memiliki karakteristik protektif yang baik untuk tubuh dan sistem kekebalan tubuh. Sumber terbaik untuk berbagai antioksidan adalah buah dan sayur segar, berry, biji-bijian dan kacang-kacangan. Secara umum semakin berwarna buah dan sayuran, maka semakin banyak pula kandungan antioksidannya.

Komponen antioksidan dari makanan ini melindungi sel-sel dengan mengubah atau menetralkan radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul yang sangat tidak stabil yang merusak tubuh pada tingkat sel dan melemahkan sistem kekebalan tubuh.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Olahraga

Olahraga yang cukup kuat dapat meningaktkan detak jantung serta kecepatan dan kedalaman pernapasan. Aliran darah yang keluar masuk dengan ekstra dari udara ini mungkin merupakan bantuan tambahan yang dibutuhkan tubuh untuk menghilangkan bakteri dan virus.

Sirkulasi darah yang lebih cepat, dapat menggerakkan sistem kekebalan tubuh, antibodi dan sel darah putih. Antibodi dan sel darah merah ini menggunakan aliran darah sebagai sistem transportasi untuk mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh.

Olahraga teratur dapat mengurangi kadar stres stres yang dapat merusak tubuh dan melemahkan sistem kekebalan tubuh, jika berada pada proporsi yang salah.

3 dari 4 halaman

Tidur cukup

Tak hanya makan makanan bergizi dan olahraga, kamu juga dianjurkan untuk tidur yang cukup. Diperlukan kualitas tidur yang baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh kita berfungsi dengan baik.

Sebuah penelitian bahkan menunjukkan bahwa seseorang akan lebih mudah jatuh sakit jika terkena virus ketika kurang tidur. Usahakan untuk tidak begadang di malam hari dan tidur setidaknya 7-8 jam.

4 dari 4 halaman

Berhenti merokok

Menjaga sistem kekebalan tubuh juga dapat dilakukan dengan mengatur gaya hidup. Ya, gaya hidup yang tidak sehat secara umum dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh seseorang. Contohnya saja seperti merokok.

Merokok dapat merusak kemampuan tubuh untuk untuk menyerang virus. Merokok juga dapat menyerang dua senjata paling kuat dalam sistem kekebalan tubuh yakni sel-sel pembunuh alami yang menghancurkan virus dengan racun khusus dan makrofag.

Menghilangkan kebiasaan merokok akan membuat sistem kekebalan tubuh meningkat dalam melawan infeksi virus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.