Sukses

4 Cara Efektif Atasi Tumit Pecah-Pecah dengan Bahan Alami

Nah berikut ini deretan campuran bahan alami yang ampuh mengatasi tumit pecah-pecah.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian besar dari kamu mungkin pernah mengalami masalah tumit pecah-pecah. Tentunya kondisi ini membuat tak nyaman. Selain mengurangi percaya diri, tumit pecah-pecah juga membuat telapak kaki terasa perih.

Tumit pecah-pecah bisa diakibatkan banyak faktor, seperti kulit yang kering, sering berjalan tanpa alas kaki dan lainnya.

Namun jangan khawatir, pasalnya ada beberapa cara efektif yang bisa mengatasi tumit pecah-pecah dengan bahan alami. Kamu cukup mengombinasikan bahan-bahan alami tersebut dan mengaplikasikannya pada tumit secara rutin.

Nah, berikut ini deretan campuran bahan alami yang ampuh mengatasi tumit pecah-pecah:

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Gel pelembap dan kaus kaki

Ada banyak gel pelembap yang dijual di pasaran. Kamu bisa memanfaatkannya untuk mengatasi tumit yang pecah-pecah.

Caranya oleskan krim atau gel pelembap tebal-tebal pada tumit yang bermasalah, kemudian pakailah kaus kaki yang tebal. Kamu bisa menggunakannya sebelum tidur dan membersihkannya di pagi hari.

3 dari 5 halaman

Getah papaya

Getah pepaya menjadi salah satu pelembut kulit alami. Enzim papain di dalamnya sangat bagus untuk mengangkat kulit mati dan melembapkan. Caranya ambil batang pepaya segar, patahkan, dan ambil getahnya yang berwarna putih untuk dioleskan pada tumit pecah-pecah.

Diamkan selama setengah jam, kemudian bilas kaki dengan air dingin. Jangan menggunakan getah pepaya terlalu lama karena berpotensi menyebabkan iritasi. Setelah kaki dibilas hingga bersih, lanjutkan dengan mengoleskan lotion atau body serum.

4 dari 5 halaman

Nanas, gula pasir dan madu

Buah nanas merupakan sumber enzim bromelain yang fungsinya sama dengan getah pepaya. Kombinasikan dengan gula pasir dan madu yang kaya akan humektan. Parut nanas kemudian campurkan dengan satu sendok makan gula pasir dan satu sendok teh madu.

Oleskan kulit tumit pecah-pecah, kemudian diamkan selama setengah jam. Lewat setengah jam gosok campuran tadi dengan gerakan melingkar. Setelah itu, bilas dengan air dingin dan keringkan dengan handuk.

5 dari 5 halaman

Alpukat dan pisang

Iris setengah buah alpukat dan pisang, kemudian lembutkan hingga menyerupai pasta. Setelah itu, oleskan pasta alpukat dan pisang itu ke bagian yang pecah-pecah pada kaki.

Bungkus kaki dengan kantung plastik atau plastic wrap, kemudian diamkan selama 30 menit. Setelah itu, basuh kaki hingga bersih dan keringkan dengan handuk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.