Sukses

5 Makanan Khas Kampung Halaman Ini Bikin Kangen Kamu yang Enggak Bisa Mudik

Merayakan Lebaran saat pandemi global covid-19 mengharuskan kita untuk tetap di rumah dan tak bisa mudik ke kampung halaman.

Liputan6.com, Jakarta Setelah menyelesaikan puasa selama satu bulan lamanya, Hari Raya Idul Fitri pun tiba. Momen Hari Kemenangan yang ditunggu kaum muslim.

Memang lebaran tahun 2020 tampak berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, Hari Raya kali ini berlangsung di tengah masa pandemi global Covid-19. Ada berbagai kebijakan yang sedang diterapkan, seperti harus berdiam diri di rumah dan mengurangi kontak fisik dengan orang lain.

Selain itu, rencana mudik yang sudah diatur sejak jauh-jauh hari harus ditunda sementara. Hal ini membuat kita tak bisa berkumpul bersama keluarga tercinta di kampung halaman saat Lebaran.

Saat mudik ke kampung halaman, bukan hanya bisa berkumpul dengan keluarga melainkan menikmati berbagai sajian khas yang selalu hadir di meja makan saat momen Hari Raya Idul Fitri. Nah, berikut adalah 5 makanan yang membuat kamu merindukan kampung halaman.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Ketupat dan Sambal Goreng Ati

Seperti nasi, Ketupat sudah menjadi makanan wajib saat Lebaran. Ketupat sendiri bisa dipadukan dengan berbagai macam makanan khas Lebaran lainnya, seperti Sambal Goreng Ati.

Sambal Goreng Ati juga bervariasi tergantung tradisi setiap keluarga. Namun, biasanya Sambal Goreng Ati berbahan dasar kentang, hati sapi atau ayam, pete, dan juga olahan cabai. Selain itu, ada varian kering dan basah.

Dengan tampilan warna merah, Sambal Goreng Ati menampilkan citarasa yang pedas, gurih, dan manis. Sambal Goreng Ati juga sering disajikan saat Lebaran hari pertama dengan tambahan kerupuk udang.

3 dari 6 halaman

2. Ayam Woku

Ayam Woku merupakan olahan masakan asal Manado. Woku adalah bumbu masakan campuran ala Manado yang memiliki rasa rempah yang kaya.

Ayam Woku memiliki rasa pedas dan segar dengan aroma khas hasil perpaduan jahe, daun jeruk, dan daun pandan.

4 dari 6 halaman

3. Lumpia Semarang

Sejak dulu, Semarang dijuluki sebagai Kota Lumpia. Makanan ini telah menjadi salah satu makanan khas Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah.

Lumpia Semarang ini memadukan dua budaya, yaitu Jawa dan Tionghoa. Terdapat dua jenis Lumpia, yaitu Lumpia Basah dan Lumpia Goreng. Keduanya sama-sama memiliki rasa yang khas dan nikmat untuk disantap.

Karena belum bisa pulang ke kampung halaman saat ini, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah.

5 dari 6 halaman

4. Rawon Surabaya

Sesuai namanya, Rawon Surabaya merupakan makanan khas Kota Pahlawan tersebut. Jika kebanyakan sup lain kuahnya berwarna bening, kuah Rawon justru berwarna gelap.

Rawon khas Surabaya ini dibuat dengan bumbu khas bernama Kluwek. Biasanya, daging yang digunakan adalah daging sapi yang dipotong kecil-kecil. Rawon akan lebih lengkap jika disajikan dengan nasi, telur asin, tauge kecil, sambal, dan kerupuk.

6 dari 6 halaman

5. Bika Ambon

Tak sedikit dari kita yang mengira kalau Bika Ambon berasal dari Ambon. Padahal, Bika Ambon merupakan makanan khas Medan, Sumatera Utara. Bahan-bahan untuk membuat Bika Ambon ini cukup mudah ditemukan, seperti gula, telur, dan santan. Selain itu, bisa juga diberi rasa, seperti rasa durian, cokelat, atau pun keju.

Jika belum bisa mudik ke Medan, bukan berarti tak bisa menyantap Bika Ambon saat Lebaran. Kamu bisa membuatnya sendiri atau membelinya secara online.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini