Sukses

5 Alat Ini Diklaim Bisa Mencegahmu Terkena Paparan Virus Covid-19

Alat-alat berikut ini bisa jadi alat tempur untuk melawan Covid-19, tapi apa benar efektif?

Liputan6.com, Jakarta Kasus penularan virus corona di berbagai belahan dunia cukup mengkhawatirkan banyak orang. Beberapa cara pencegahan yang dianjurkan, yakni menggunakan masker, rutin mencuci tangan, serta melakukan pembatasan sosial (social distancing).

Namun apakah sejumlah cara tersebut sudah cukup efektif mencegah kita dari virus corona? Selain langkah pencegahan, ternyata kita juga perlu beberapa alat yang disinyalir mampu mencegah kita tertular dari virus corona.

Dikutip dari Dailymail ini dia, lima alat yang bisa kamu gunakan untuk menghindari kamu dari virus corona.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Kait pembuka pintu

Kait pembuka pintu dibuat agar tangan kita tidak langsung menyentuh gagang pintu. Seperti yang kita ketahui, gagang pintu menjadi salah satu barang yang sering disentuh oleh banyak orang sehingga bisa menjadi sumber kuman, bakteri serta virus.

Jika kamu tertarik menggunakan alat ini, pastikan untuk sering membersihkannya dengan sabun atau gel sanitasi agar selalu bersih. Namun cara mudah yang bisa kita lakukan tanpa harus keluar uang ialah mendorong pintu dengan sikut atau bahu.

3 dari 6 halaman

2. Pelindung wajah

Selain masker, ada pula alat pelindung wajah untuk menghindari kita tertular dari virus corona. "Pelindung wajah mungkin bisa melindungi kamu lebih baik dibandingkan masker wajah karena alat itu juga melindungi area mata" ujar Dr Naomi Forrester-Soto dari Keele University. Ia juga menambahkan pelindung wajah tepat digunakan oleh orangtua yang memiliki masalah pada gangguan pernapasan.

Akan lebih baik, jika masker dan pelindung wajah saling digunakan bersamaan sebagai perlindungan ekstra dari bahaya virus corona.

4 dari 6 halaman

3. Cover Keyboard

Sebagai perangkat keras yang seringkali bersentuhan dengan tangan kita, maka dibuatlah penutup untuk menjaga kebersihan keyboard dari kotoran dan debu. Ternyata fungsinya tidak hanya untuk menjaga kebersihan juga, tetapi ada bahan plastik yang memiliki lapisan antibakteri. Karena terbuat dari bahan antibakteri bisa menghentikan mikroba penyebaran bakteri.

Oleh sebab itu, penutup keyboard ini efektif jika digunakan untuk komputer yang sering dipakai di kantor atau ruang publik lainnya.

5 dari 6 halaman

4. Dispenser sabun otomatis

Soap No Tocuh ini merupakan dispenser sabun cair yang dirancang untuk keluar secara otomatis dengan sensor tangan atau sensor infrared. Tujuannya agar kita tidak perlu lagi repot menekan sabun saat mencuci tangan.

Praktis dan tidak perlu membuat banyak orang menekan dalam satu sabun yang sama. Pastikan untuk selalu membersihkan tangan serta permukaan dispenser sabun agar bebas dari kuman, bakteri, serta virus.

6 dari 6 halaman

5. Mesin sinar UV

Berbentuk seperti kotak pensil, alat ini juga menyediakan 6 lampu ultraviolet di dalamnya untuk menghasilkan sinar UV. Banyak riset menyebutkan bahwa sinar UV mampu membunuh virus dengan cara mengahancurkan stuktur protein di dalamnya. Sehingga sinar UV ini bisa menjadi disinfektan untuk membersihkan kuman bakteri dan virus.

Pembuat mesin ini mengklaim bahwa sinar dari UV mampu membunuh 99 persen kuman-kuman dan bakteri selama tiga menit. Kamu bisa membersihkan ponsel serta kunci rumah ke dalam alat sinar UV ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.