Unik, Dokter di Bogor Kenakan APD Superhero Saat Bertugas

Oleh Camelia pada 22 Mei 2020, 13:01 WIB
Diperbarui 22 Mei 2020, 13:01 WIB
dokter kenakan APD superhero

Liputan6.com, Jakarta Di tengah pandemi virus Corona Covid-19 ini mengenakan APD atau Alat Pelindung Diri bagi dokter dan tenaga medis ketika bertugas nampaknya menjadi hal yang penting untuk dilakukan.

Umumnya APD yang dikenakan berupa baju hazmat dan juga masker atau face shield sebagai pelengkap.

Namun seorang dokter di Bogor memilih mengenakan APD yang super unik ketika bertugas mengobati pasien di rumah sakit.

Dia adalah dokter bedah tulang di Rumah Sakit Vania Bogor, Rollando Erric Manibuy. Alih-alih mengenakan baju hazmat, dr Rollando justru mengenakan kostum superhero sebagai APD.

2 dari 5 halaman

Kenakan APD dari kostum superhero

dokter kenakan APD superhero
foto: IG @erric_manibuy

Baru-baru ini potret dr Rollando yang mengenakan kostum Batman saat bertugas menjadi perbincangan publik. Rupanya hal uniknya ini dilakukan bukan tanpa alasan.

Rupanya dr Rollando berharap dengan mengenakan kostum-kostum unik tersebut saat bertugas diharapkan bisa menimbulkan suasana ceria terhadap lingkungan rumah sakit.

3 dari 5 halaman

Tetap kenakan hazmat dan masker

dokter kenakan APD superhero
foto: IG @erric_manibuy

"Ide awalnya itu karena muncul pandemi ini kita sempat khawatir dan takut karena kita kan harus memeriksa pasien, nah dari situ saya ingin membuat suasana tetap ceria dan optimis," terangnya dikutip dari Merdeka.

Dr Rollando mengaku tetap ada rasa khawatir di dirinya, namun hal itu tak berlangsung lama.

"Rasa kekhawatiran itu hanya sebentar karena kita dokter ya kita harus siap menjalankan tugas dalam kondisi apapun dengan tetap jaga keamanan dan kesehatan seperti pakai hazmat ini saya juga dalamnya pakai hazmat pakai masker," ujar Rollando.

Hal itu, dilakukan untuk tetap tetap mengikuti protokol kesehatan serta standar keamanan dan kesehatan, baju yang sudah digunakan selalu disemprot disinfektan serta menggunakan Disinfection UV Chamber serta dicuci bersih.

4 dari 5 halaman

Rutin disemprot disinfektan

dokter kenakan APD superhero
foto: IG @erric_manibuy

Pada kostum superhero yang dikenakan pun terdapat cairan pembersih tangan (hand sanitizer) hingga penyemprot cairan disinfektan.

"Jadi ini bukan cuma pajangan tapi ada perlengkapan, jadi saya semprotin dulu, jadi ketika saya pulang ke rumah sudah aman. Pakaian ini juga ketika sudah dipakai praktik, terus disemprot disinfektan, kemudian menggunakan dicuci bersih," jelasnya.

5 dari 5 halaman

Kostum lain

dokter kenakan APD superhero
foto: IG @erric_manibuy

Selain kostum batman, dr Rollando juga memiliki berbagai kostum superhero lainnya seperti Iron Man hingga Darth Vader. Melalui akun instagram dirinya pun kerap membagikan potret dirinya ketika bertugas menggunakan kostum-kostum tersebut. Aksinya ini pun mendapat pujian warganet, tak sedikit yang mengatakan bahwa dirinya kreatif.

Lanjutkan Membaca ↓