5 Kue Kering Favorit Saat Lebaran Tiba, Mana Kesukaanmu?

Oleh Ulya Kaltsum pada 22 Mei 2020, 16:01 WIB
Diperbarui 22 Mei 2020, 16:01 WIB
20150716-5 Makanan Yang Wajib Ada Saat Lebaran 5

Liputan6.com, Jakarta Kue kering menjadi salah satu sajian yang wajib ada saat perayaan hari-hari besar di Indonesia, seperti Hari Raya Idul Fitri. Merayakan lebaran tak bisa lepas dari suguhan kue kering yang jenisnya beraneka ragam.

Kue kering juga menjadi menu wajib setelah menyantap opor ayam untuk melengkapi kegiatan silaturahmi.

Menjelang lebaran seperti saat ini, kue kering sudah mulai banyak dijajakan di toko-toko atau sebagian orang memilih untuk membuat kue kering sendiri.

Nah, berikut adalah 5 jenis kue kering yang menjadi hidangan favorit saat Hari Raya Idul Fitri:

2 dari 6 halaman

1. Nastar

kue nastar
ilustrasi kue nastar/copyright by tri suryono (shutterstock)

Tak perlu diragukan lagi kalau Nastar menjadi kue kering yang wajib ada saat Hari Raya Idul Fitri. Jika ketupat dan opor ayam adalah makanan khas Lebaran, Nastar merupakan kue kering yang cocok menjadi camilan enak saat kumpul bersama keluarga.

Nastar sendiri berbentuk bulat-bulat kecil yang memudahkan kita untuk sekali makan alias langsung dicaplok. Nastar juga memiliki filosofinya sendiri, konon warna kuning dan emas di bagian atas nastar melambangkan kemakmuran, sementara selai nanas manis yang menjadi isiannya melambangkan rezeki yang manis.

3 dari 6 halaman

2. Kue Putri Salju

[Bintang] 5 Makanan yang Tetap Enak Dinikmati Usai Lebaran
Kue Putri Salju. (Foto: YouTube.com)

Kue kering berbentuk bulan sabit ini memiliki rasa yang khas. Taburan gula halus di atasnya membuat siapa pun tertarik untuk mencicipinya. Alasan itu pula yang membuat kue kering ini diberi nama putri salju, karena kuenya tampak "bersalju."

Selain rasa manis, Kue Putri Salju juga memiliki sensasi dingin ketika kamu mulai menggigit dan mengunyahnya. Memiliki tekstur yang lembut, Kue Putri Salju juga akan terasa lumer ketika berada di dalam mulut.

4 dari 6 halaman

3. Kastengel

[Bintang] 5 Makanan yang Tetap Enak Dinikmati Usai Lebaran
Kastengel. (Foto: kuliner123.com)

Kue yang satu ini banyak digemari dan selalu hadir setiap perayaan Lebaran. Nama Kastengel sendiri berasal dari bahasa Belanda. Kas yang artinya keju dan stengel yang berarti batang. Jika disimpulkan jadi "batang keju."

Bagi pecinta rasa keju, tentu saja Kastengel menjadi pilihan camilan yang tepat. Biasanya, untuk membuat Kastengel ini menggunakan keju cheddar atau keju edam (keju Belanda). Bukan memiliki rasa yang manis seperti kue kering pada umumnya, melainkan gurih dan cheesy.

5 dari 6 halaman

4. Kue Kacang

kue kacang
ilustrasi kue kacang/copyright by fu syawal (Shutterstock)

Sebagian orang menjadikan Kue Kacang sebagai sajian wajib yang ada di meja saat Hari Raya. Kue Kacang sendiri memiliki rasa yang berbeda daripada yang lain. Sesuai dengan namanya, kue ini berbahan dasar kacang. Lebih tepatnya terbuat dari campuran adonan kue kering dan kacang tanah sangrai.

Rasa kacang pada kue ini memang mendominasi. Selain itu, Kue Kacang memiliki bentuk yang beragam.

6 dari 6 halaman

5. Kue Semprit Mawar

kue semprit
ilustrasi kue semprit/ copyright by Aris Setya (Shutterstock)

Tak mengherankan lagi jika Kue Semprit menjadi kue kering yang wajib ada. Pasalnya, kue kering yang satu ini cukup legendaris karena sudah ada sejak zaman dahulu.

Kelezatan rasanya yang masih sama membuat Kue Semprit masih banyak digemari orang-orang. Kue Semprit sendiri memiliki berbagai macam rasa dan bentuk. Mulai dari Semprit Cokelat, Semprit Keju, dan Semprit Keju. Selain itu, bentuknya juga seperti bunga mawar sehingga disebut Kue Semprit Mawar.

Lanjutkan Membaca ↓