7 Manfaat Kesehatan dari Singkong, Bantu Atasi Migrain

Oleh Yulia Lisnawati pada 20 Mei 2020, 09:00 WIB
Diperbarui 20 Mei 2020, 09:00 WIB
ilustrasi singkong pengganti nasi/pexels

Liputan6.com, Jakarta - Singkong menjadi salah satu sumber utama karbohidrat, setelah nasi dan jagung. Karena kandungan nutrisi yang tinggi, singkong menjadi makanan pokok di berbagai negara.

Namun, pengolahan singkong bisa mengurangi nilai gizinya karena vitamin, mineral, serat dan pati resisten cenderung hilang saat memasaknya. Cara paling efektif untuk mempertahankan nilai gizinya yakni dengan merebusnya. 

Nah, penasaran apa saja manfaat kesehatan yang didapat jika mengkonsumsi singkong? Berikut ulasannya seperti melansir dari Boldsky, Rabu (20/5/2020).

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

berat badan
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Kaya akan serat makanan, singkong adalah pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan.

Karena rendah kalori, dan juga kandungan serat yang tinggi pada singkong membuatmu merasa kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama.

Dengan demikian, akan mengurangi kebutuhan untuk terus menerus ngemil dan selanjutnya mencegah penambahan berat badan yang tidak perlu.

2 dari 7 halaman

2. Menyembuhkan Migrain

Kehadiran vitamin B2 dan riboflavin dalam singkong bermanfaat untuk menyembuhnya sakit kepala dan migran. Mengkonsumsi singkong bisa membantu mengurangi serangan migrain yang konstan.

Kamu bisa membuat jus singkong untuk membantu mengatasi migrain parah. Ambil 60 gram akar atau daun singkong dan rendam dalam air selama dua jam.

3 dari 7 halaman

3. Meningkatkan Pencernaan

Seperti disebutkan di atas, singkong kaya akan serat makanan yang sangat bermanfaat bagi tubuh dan fungsinya. Serat tidak larut membantu meningkatkan sistem pencernaanmu dengan menyerap semua racun yang tersimpan di ususmu, dan juga mengurangi peradangan dalam saluran pencernaanmu.

Dengan demikian, kandungan serat dalam akar yang bisa dimakan juga mencegah timbulnya masalah pencernaan.

4 dari 7 halaman

4. Mengobati Diare

Sifat antioksidan dari singkong bisa membantu mengatasi tinja yang longgar. Jika kamu mengalami diare, rebus singkong dalam air selama satu jam dan bisa kamu konsumsi.

Ini akan membantu dalam menyingkirkan bakteri yang menyebabkan masalah lambung dan mengurangi gejala diare juga. Kandungan serat juga membantu dalam menyembuhkan gejala diare.

5 dari 7 halaman

5. Meningkatkan Penglihatan

Salah satu manfaat utama lain yang dimiliki singkong adalah bermanfaat bagi kesehatan matamu. Konsumsi singkong yang terkontrol bisa membantu tubuhmu dengan vitamin dan mineral yang diperlukan.

Dikemas dengan vitamin A, singkong membantu meningkatkan penglihatanmu dan juga mencegah kebutaan atau penglihatan yang buruk yang berkembang di masa depan.

6 dari 7 halaman

6. Meningkatkan Energi

Karena kaya karbohidrat, singkong yang bisa dimakan sangat bermanfaat dalam meningkatkan energimu secara instan. Ini membantu meningkatkan fungsi otakmu dan memasok energi.

7 dari 7 halaman

7. Meningkatkan Nafsu Makan

Karbohidrat dan serat dalam singkong memainkan peran penting dalam mendapatkan kembali selera makanmu. Jika kamu merasa tidak memiliki nafsu makan, karena alasan emosional atau fisik, masukkan beberapa singkong ke dalam makananmu. 

Lanjutkan Membaca ↓