6 Khasiat Lemon Balm Bagi Kesehatan, Bantu Kurangi Stres hingga Insomnia

Oleh Yulia Lisnawati pada 18 Mei 2020, 19:11 WIB
Diperbarui 18 Mei 2020, 19:11 WIB
Ilustrasi Lemon Balm

Liputan6.com, Jakarta - Pernahkah kamu mendengar tentang lemon balm? Atau mungkin di antara kamu sudah ada yang pernah mengonsumsinya? Lemon balm merupakan sebuah tanaman yang bentuknya menyerupai daun mint, namun baunya seperti lemon.

Tanaman lemon balm memiliki daun bundar berbentuk hati yang mengeluarkan bau lemon saat dihancurkan. Lemon balm ini memiliki efek menenangkan dan menenangkan tubuh sehingga bisa meningkatkan suasana hati dan menyembuhkan insomnia.

Nah, penasaran apa saja manfaat mengkonsumsi lemon balm? Berikut ulasannya seperti melansir dari Blodsky, Senin (18/5/2020).

1. Mengurangi Insomnia  

insomnia
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Paisit Teeraphatsakool

Kemanjuran lemon balm dalam kombinasi dengan ramuan valerian dalam mengobati gangguan tidur dan kegelisahan. Akar valerian adalah salah satu tanaman herbal yang berasal dari Eropa dan sebagian wilayah Asia.

Lemon balm yang dikombinasi dengan valerian juga bisa mengurangi gejala gangguan tidur selama menopause.

2 dari 6 halaman

2. Mengurangi Peradangan dan Rasa Sakit

Sifat anti-inflamasi lemon balm bisa membantu mengobati penyakit yang berhubungan dengan peradangan dan rasa sakit.

Efek antinociceptif dari ekstrak etanol dari daun lemon balm dan asam rosmarinic dapat membantu memerangi rasa sakit dan peradangan.

3 dari 6 halaman

3. Mencegah Jantung Beredar

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Ethnopharmacology, daun lemon balm memiliki kemampuan untuk mengurangi efek jantung berdebar dan kecemasan.

Minyak esensial lemon balm saat digunakan sebagai aromatic bisa membantu menurunkan kagar trigliserida tinggi dalam darah.

4 dari 6 halaman

4. Menurunkan Diabetes

Aktivitas antioksidan minyak atsiri lemon balm memiliki efek mendalam dalam menurunkan kadar gula darah tinggi.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The British Journal of Nutrition, minyak esensial bisa mengurangi stres oksidatif dan kadar gula darah tinggi pada pasien diabetes.

5 dari 6 halaman

5. Mengurangi Stres dan Kecemasan

Menurut sebuah penelitian, lemon balm bisa mengurangi stres dan menginduksi rasa tenang dalam tubuh. Lemon balm mengandung senyawa yang disebut asam rosmarinic yang menurunkan gejala kegembiraan dan kegelisahan seperti kecemasan.

Makanan yang mengandung lemon balm memiliki efek positif pada suasana hatimu yang juga mengurangi stres dan kecemasan. Selain itu, lemon balm bermanfaat untuk mengobati sakit kepala terkait stres.

Sifat santai ramuan ini bisa membantu melepaskan ketegangan, melemaskan otot-ototmu dan membuka pembuluh darah ketat yang berkontribusi pada sakit kepala.

6 dari 6 halaman

6. Meredamkan Kram Menstruasi

Lemon balm jika dikonsumsi dalam bentuk kapsul, bisa mengurangi gejala PMS. Sebuah penelitian dilakukan untuk menilai efek lemon balm pada intensitas PMS yang dialami anak perempuan sekolah menengah.

Mereka diberi 1.200 mg lemon balm setiap hari selama tiga bulan ketika siklus menstruasi mereka, dan hasilnya gejala PMS mereka berkurang.

Lanjutkan Membaca ↓