Sukses

Sholat Tarawih di Rumah Aja, Ini Niat dan Tata Caranya

Liputan6.com, Jakarta Untuk memutus rantai penyebaran virus Corona, Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyarankan umat muslim di Indonesia untuk menjalankan sholat tarawih di rumah. Sebab, menjalankan sholat secara berjamaah di mesjid dapat membuat orang lain terinfeksi virus tersebut.

Sholat tarawih sendiri merupakan ibadah sunnah yang dikerjakan pada malam-malam di bulan Ramadhan. Tapi tak ada ketentuan yang mewajibkan pelaksanaannya harus secara berjamaah di masjid.

Karenanya untuk melindungi diri sendiri dan keluarga, alangkah lebih baiknya menjalankannya di rumah saja. Berikut ini niat dan tata cara pelaksanaannya di rumah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Niat Sholat Tarawih Sendiri di Rumah

Sholat tarawih adalah ibadah sunnah yang hukumnya sunnah muakkad. Sholat tarawih bisa dilakukan sendirian atau cara munfarid di rumah. Untuk kalian yang ingin mengerjakan sholat tarawih sendiri di rumah, baca niat berikut:

USHOLLII SUNNATAT-TAROOWIIHI ROK'ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI LILLAAHI TA'ALAA.

Artinya,

Saya niat sholat sunnah tarawih dua raka'at menghadap kiblat karena Allah Ta'ala.

3 dari 5 halaman

Tata Cara Sholat Tarawih Sendiri di Rumah

Umumnya sholat tarawih sendiri di rumah cukup dikerjakan sebanyak 11 rakaat yang terdiri dari 8 rakaat sholat tarawih dan 3 rakaat sholat witir.

Idealnya sholat tarawih dikerjakan sebanyak 2 rakaat dengan 1 kali salam seperti sholat sunnah lainnya. Kerjakan sholat tarawih 8 rakaat dengan setiap 2 rakaat diakhiri salam seperti biasa.

Setelah itu disambung dengan sholat witir yang dikerjakan 3 rakaat diakhiri 1 kali salam. Untuk tata cara sholat tarawih sendiri di rumah sebenarnya sama dengan cara mengerjakan sholat fardhu, termasuk gerakan maupun bacaannya. Hal yang membedakan tata cara sholat tarawih dari sholat fardhu terletak pada bacaan niatnya saja.

Namun agar lebih jelas, berikut tata cara sholat tarawih yang bisa kalian lakukan:

1. Takbiratul Ihram

2. Membaca Doa Iftitah

3. Membaca Surat Al-Fatihah

4. Membaca Surat Alquran

5. Ruku'

6. I'tidal

7. Sujud

8. Iftirasy (Duduk di Antara Dua Sujud)

9. Sujud Kedua

Berdiri untuk mengerjakan rakaat yang kedua.

10. Membaca Surat Al-Fatihah

11. Membaca Surat Alquran

12. Ruku'

13. I'tidal

14. Sujud

15. Iftirasy (Duduk di Antara Dua Sujud)

16. Sujud Kedua

17. Tasyahhud Akhir

18. Salam

4 dari 5 halaman

Niat Sholat Witir 3 Rakaat 1 Kali Salam

Berikut ini bacaan niat sholat witir dengan 3 rakaat yang diikuti dengan 1 kali salam.

 

USHALLII SUNNATAL WITRI TSALAASA ROKA'AATIN MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA'AN LILLAAHI TA'ALAA.

 

Artinya,

Saya berniat sholat witir tiga rakaat menghadap kiblat karena Allah Ta'alaa.

5 dari 5 halaman

Tata Cara Sholat Witir

Jumlah rakaat sholat tarawih yang umum dikerjakan antara 8 rakaat sholat tarawih ditambah 3 rakaat sholat witir. Namun ada juga yang mengerjakan sholat tarawih 20 rakaat ditambah dengan 3 rakaat sholat witir.

Meski begitu, masing-masing dikerjakan setiap 2 rakaat dan diakhiri dengan salam. Sholat tarawih sebaiknya ditutup dengan sholat witir yang jumlah rakaatnya ganjil. Niat sholat witir bervariasi, umumnya 1 rakaat atau 3 rakaat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.