Sukses

Singapura Kini Punya Anjing Robot yang Paksa Orang Jaga Jarak

Robot ini bisa memaksa Anda untuk menjaga jarak saat berada di tempat umum

Liputan6.com, Jakarta Dalam upaya untuk menghentikan penyebaran virus Corona (Covid-19) lebih lanjut, Singapura telah merilis anjing robot. Anjing robot itu memiliki tugas memaksa orang-orang di ruang hijau untuk menjaga jarak.

Dikembangkan oleh Boston Dynamics, anjing robot bernama "Spot" itu pertama kali ditugaskan di Taman Bishan-Ang Mo Kio pada 8 Mei untuk uji coba dua minggu.

Nantinya ia akan dievaluasi kesiapannya untuk bergabung dengan robot lain yang sudah berpatroli di area publik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Selanjutnya

"Ayo jaga Singapura tetap sehat," kata Spot dalam bahasa Inggris dengan suara wanita.

"Untuk keselamatanmu sendiri dan untuk orang-orang di sekitarmu, tolong berdiri setidaknya satu meter. Terima kasih."

 

3 dari 5 halaman

Selanjutnya

Spot dilengkapi dengan kamera dan sensor yang memungkinkan penglihatan 360 derajat dan penghindaran rintangan. Robot itu dapat dikontrol dari jarak jauh atau melakukan misi mandiri.

"Spot memiliki rekam jejak industri dalam pengoperasian jarak jauh dan pengoperasian arak jauh dan penginderaan mandiri," catat Boston Dynamics seperti dilansir dari Nextshark.

 

4 dari 5 halaman

Selanjutnya

"Dengan mengintegrasikan Spot dengan perangkat lunak dan sensor, robot dapat melakukan tugas di berbagai industri. Dari mendokumentasikan kemajuan konstruksi hingga memantau lingkungan terpencil, menambah kesadaran situasional, dan bahkan berkinerja, Spot dapat dipercaya untuk menyelesaikan pekerjaan."

 

5 dari 5 halaman

Selanjutnya

Singapura telah memperpanjang penutupan secara nasional hingga 1 Juni untuk menurunkan kasus Corona. Sampai saat itu, setiap orang harus mematuhi sejumlah peraturan seperti meninggalkan rumah hanya untuk perjalanan penting, mengenakan masker di tempat umum, dan berolahraga di luar rumah sendirian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.