Sukses

Tak Selalu Menakutkan, Komik Pertemanan Malaikat Maut dengan Hewan Ini Justru Bikin Haru

Komik tentang kematian binatang karya Jenny Jinya viral di media sosial.

Liputan6.com, Jakarta Komik tentang Grim Reaper atau Malaikat Maut dan binatang menarik perhatian warganet. Komik itu karya seorang seniman asal Jerman dengan nama akun media sosial Jenny Jinya.

 

Salah satu komik yang membuat menangis beberapa warganet itu tentang malaikat maut dan kucing hitam yang mati. Hingga Rabu (13/5/2020) unggahannya di Twitter itu telah mendapat lebih dari 50 ribu retweet dan 85 ribu likes.

Selain kematian kucing hitam, terdapat komik lainnya. Di komik terbarunya, seniman dengan nama asli Jenny Hefczyc itu bercerita tentang malaikat maut dan penyu yang mati karena terjerat sampah. Komik-komik itu Jenny unggah pula di media lain seperti Instagram dan Webtoon. Beragam apresiasi dan komentar pun diterimanya.

Kematian memang menjadi fokus dalam komik-komiknya yang didominasi warna gelap itu. Dalam komik buatan yang viral, Jenny sering menampilkan malaikat maut yang baik dan menjaga binatang yang mati.

Bagi Jenny, hal itu karena dirinya tidak tahu hal yang tiba setelah kematian, tapi berharap jika sesuatu seperti malaikat maut datang, itu akan baik dan lembut. "Kematian sudah cukup menakutkan, tak perlu lagi ketakutan itu semakin menakutkan, khususnya untuk binatang," kata Jenny kepada Liputan6.com, Rabu (13/5/2020).

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Inspirasi

Dalam membuat komik, Jenny pun sering meriset dan memilih topik yang jarang dibicarakan. Itu misalnya tentang mitos kucing hitam yang dianggap membawa sial. Dalam memproduksi komiknya, Jenny mengaku terinspirasi dari istilah dalam bahasa Jerman "Weltschmerz", yang berarti sebuah kesedihan yang dalam tentang kekurangan atau ketidaksepurnaan dunia.

"Saya selalu menderita ketika membaca tentang perlakuan buruk terhadap binatang. Mungkin jika orang-orang merasa empati terhadap binatang di komik saya, mereka akan lebih empati juga kepada binatang sungguhan," ungkapnya.

3 dari 6 halaman

Donasi

Selain diunggah di media sosial dengan nama @Jenny_Jinya, komik buatan Jenny pun berencana dijadikan komik fisik yang berjudul Loving Reaper. Hasil dari penjualan buku itu pun akan didonasikan kepada tempat perlindungan. Selain itu, Jenny pun mengajak warganet untuk berdonasi melalui Patreon.

Komik karya Jenny tentang kematian dan hewan yang viral itu berpengaruh pula pada kariernya di dunia seni. Salah satunya pengakuan dari orangtuanya terhadap karier seninya. Berikut beberapa komik karya Jenny yang banyak menarik perhatian warganet.

4 dari 6 halaman

1. Keluarga Bebek

5 dari 6 halaman

2. Singa Sirkus

6 dari 6 halaman

3. Little Mo, Anak Burung yang Memakan Sampah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.