Sukses

Lakukan 5 Hal Sederhana Ini untuk Cegah Bau Mulut Saat Puasa

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian besar orang tentu mengalami bau mulut dan napas tak segar saat menjalani ibadah puasa. Ya, bau mulut nampaknya menjadi permasalahan umum yang dialami seseorang ketika berpuasa.

Ada berbagai faktor yang menyebabkan terjadinya bau mulut saat puasa. Salah satunya berkurangnya produksi air liur dalam mulut saat berpuasa. Padahal, air liur adalah cairan pembersih alami yang mengandung enzim untuk mencerna serat dan glikoprotein untuk melindungi mukosa mulut.

Rupanya ada beberapa hal sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menghindari bau mulut ketika berpuasa. Dikutip dari Fimela, drg. Yulia Rachma Wijayanti, M.M., Sp. Perio membagikan berbagai tipsnya.

1. Sikat gigi

Hal utama yang bisa kamu lakukan untuk menghindari bau mulut saat berpuasa ialah dengan menyikat gigi.

Menurut drg. Yulia sebenarnya perawatan gigi dan mulut saat puasa sama saja seperti perawatan sehari-sehari ketika tidak berpuasa. Hanya saja waktunya yang berbeda. Sikat gigi tetap dua kali sehari. ketika puasa bisa menyikat gigi setelah sahur dan sebelum tidur malam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Minum air putih

Saat puasa konsumsi air putih tentunya berkurang. Terlebih lagi banyak yang lebih memilih minuman manis saat berbuka puasa. Oleh karena itu, ada baiknya kamu tetap meminum air putih dalam jumlah banyak saat sahur dan berbuka.

3 dari 5 halaman

3. Hindari makan berbau

drg. Yulia menyarankan untuk  menghindari makanan berbau seperti pete, jengkol, atau bawang putih yang banyak saat sahur atau berbuka puasa. Namun, ketika ingin tetap makan, usahakan untuk langsung menyikat gigi.

4 dari 5 halaman

4. Obat kumur

Kamu disarankan menggunakan obat kumur namun bila diperlukan saja, dalam arti kondisi memerlukan pembersihan seperti memiliki gigi lubang, karang gigi, atau gusi berdarah.

"Kondisi seperti itu tidak cukup hanya sikat gigi, jadi diperlukan obat kumur," ujarnya saat dihubungi redaksi Fimela.

5 dari 5 halaman

5. Bersihkan lidah

Tak banyak yang menyadari bahwa lidah menjadi tempat bakteri yang menyebabkan bau mulut, maka tak ada salahnya untuk membersihkan lidah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini