Hindari 4 Jenis Makanan Ini Jika Ingin Awet Muda

Oleh Camelia pada 12 Mei 2020, 10:00 WIB
Diperbarui 12 Mei 2020, 10:00 WIB
Liputan 6 default 3
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan 6

Liputan6.com, Jakarta - Tak hanya wanita, memiliki wajah yang awet muda nampaknya menjadi hal diinginkan semua orang, termasuk pria. Tentu banyak yang berpikir bahwa tak mudah untuk memiliki tubuh dan wajah yang awet muda.

Ada banyak faktor yang menyebabkan penuaan dini. Contohnya saja seperti pola makan, gaya hidup tak sehat, polusi dan lainnya.

Namun, nampaknya makanan menjadi salah satu faktor kuat kuat yang bisa menyebabkan penuaan dini. Rupanya ada beberapa jenis makanan dan minuman yang patut kamu hindari untuk mencegah penuaan dini dan juga agar wajah lebih awet muda.

2 dari 5 halaman

1. Roti Putih

3 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Saat Sedang Diet
Perbesar
Roti putih dan mentega (Foto: Byrdie.com)

Mengonsumsi karbohidrat berebih rupanya dapat mengganggu produksi kolagen dan protein yang berfungsi untuk mengatasi timbulnya kerutan.

Oleh karena itu, cobalah untuk mengurangi konsumsi karbohidrat seperti roti putih. Pasalnya hal ini dapat mengontrol kadar gula darah dan membantu penurunan berat badan.

3 dari 5 halaman

2. Soda

Awas Gigi Jadi Sensitif Usai Minum Diet Soda
Perbesar
Usai minum minuman manis seperti diet soda, pastikan untuk minum air putih sesudahnya. (Foto: ABC News)

Minuman bersoda tinggi akan kandungan gula yang dapat menyebabkan penuaan dini, terutama pada bagian wajah.

Tak hanya itu, minum soda berlebihan bisa membuat berat badan bertambah dan metabolisme akan terganggu. Jadi, hindarilah minuman bersoda untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

4 dari 5 halaman

3. Makanan Kaleng

Ilustrasi Makanan Kaleng
Perbesar
Ilustrasi Makanan Kaleng Credit: pexels.com/EdwinJoseVega

Tahukah kamu bahwa sup kaleng sangat kaya akan sodium yang mampu menyebabkan tekanan darah tinggi. Sebuah penelitian membuktikan adanya hubungan antara tekanan darah tinggi dan penuaan pada kulit. Hal ini dibuktikan dengan wanita bertekanan darah rendah umumnya lebih sedikit memiiki kerutan.

5 dari 5 halaman

4. Yoghurt yang mengandung gula buatan

Ilustrasi yoghurt
Perbesar
Ilustrasi yoghurt (iStockphoto)​

Ada begitu banyak yoghurt yang dijual di pasaran. Kebanyakan punya beragam macam rasa yang mengandung banyak gula. Terutama, yang mengandung perasa buatan atau perisa. Gula dapat memperburuk kondisi kulit dan mempecepat penuaan. Jadi, sebaiknya hindari yoghurt berperisa untuk mencegah penuaan dini.

Lanjutkan Membaca ↓