Sukses

Jangan Dibuang, Ini 6 Manfaat Kesehatan Makan Pisang Terlalu Matang

Nah, penasaran apa saja manfaat mengkonsumsi pisang terlalu matang bagi kesehatan tubuh?

Liputan6.com, Jakarta - Pisang menjadi salah satu buah yang difavoritkan banyak individu di berbagai negara. Namun, pisang yang terlalu matang mungkin tidak.

Buah berkulit kuning ini memang tidak bisa bertahan lama, dan dalam beberapa hari akan muncul titik-titik hitam di kulit pisang. Pisang yang terlalu matang tentu tidak menarik, sehingga banyak individu memilih membuangnya daripada mengkonsumsinya. 

Setelah pisang menjadi terlalu matang, kandungan nutrisinya akan berubah. Tapi, bukan berarti buah itu kehilangan manfaat nutrisi. Terlepas dari kematangannya, buah ini masih sangat bermanfaat bagi tubuhmu. 

Pisang kaya akan kalium, mangan, serat, tembaga, vitamin C, vitamin B6 dan biotin. Buah ini juga bisa membantu mencegah asma, kanker, tekanan darah tinggi, diabetes, penyakit kardiovaskular, serta masalah pencernaan. Dan ini semua juga berlaku untuk pisang yang terlalu matang.

Nah, penasaran apa saja manfaat mengkonsumsi pisang terlalu matang bagi kesehatan tubuh? Berikut ulasannya seperti melansir dari Boldsky, Minggu (10/5/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Meningkatkan Energi

 

Kandungan karbohidrat dan gula yang tinggi pada pisang yang terlalu matang bertindak sebagai penambah energi alami.

Makan dua pisang yang terlalu matang bisa memberimu energi yang cukup untuk beraktivitas selama 90 menit. Kamu bisa makan satu atau dua pisang matang tiap hari.

3 dari 7 halaman

2. Meredakan Sembelit

 

Karena kaya akan serat, pisang yang terlalu matang menjadi jawaban utama untuk mengatasi masalah sembelit. 

Pisang yang terlalu matang bisa mengatur pergerakan ususmu, membuatnya lebih mudah bagi limbah untuk keluar dari sistemmu. Pisang matang juga bisa meningkatkan pencernaanmu.

 

4 dari 7 halaman

3. Mengobati Depresi

 

Tingginya kadar triptofan dalam pisang matang dikonversi menjadi serotonin saat dikonsumsi. Serotonin, pada gilirannya bisa membantumu merasa baik dan menenangkan sistem sarafmu, sehingga mengangkat suasana hatimu dan menjaga keseimbangan suasana hati yang sehat.

5 dari 7 halaman

4. Batasi Gejala PMS

 

Vitamin B6 dalam buah bermanfaat dalam mengobati gejala PMS. Berbagai penelitian telah mengungkapkan dampak vitamin B6 dalam mengurangi gejala sindrom pramenstruasi.

6 dari 7 halaman

5. Meredakan Mulas

 

Buah bertindak sebagai antacid ketika menjadi terlalu matang. Buah yang tertutup bintik-bintik cokelat membantu menenangkan iritasi dan memberikan kelegaan.

7 dari 7 halaman

6. Mengelola Bisul

Pisang menjadi buah tunggal yang paling bermanfaat dan satu-satunya buah yang bisa dimakan penderita bisul tanpa khawatir efek sampingnya. 

Tekstur pisang yang lembut, melapisi lapisan perutmu dan mencegah asam memperburuk bisul.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.