Sukses

Deretan Cara Super Unik Musisi Berkaya Saat Physical Distancing

Pelaku seni menerapkan beberapa konsep baru untuk acara musik seperti konser virtual dan konser drive-in selama pandemi Corona.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi beberapa orang, hiburan seperti konser atau acara musik bisa jadi hal yang dirindukan selama imbauan physical distancing di masa pandemi Corona atau Covid-19.

Anjuran physical distancing membuat konser dengan format umum yang memungkinkan berdesak-desakkan menjadi tak dapat diadakan. Berbagai konser dan festival musik yang rencananya digelar pun dibatalkan.

Namun, industri musik tetap perlu bertahan dan hiburan di tengah pandemi tetap dibutuhkan. Ide-ide inovatif pun muncul. Musisi dan penikmat seni menunjukkan kemampuannya beradaptasi.

Meski konser dengan format umum tak dapat digelar, musisi dan orang-orang di berbagai belahan dunia menggelar konser atau acara musik dengan bentuk baru. Berikut beberapa cara menikmati acara musik selama masa physical distancing.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Konser Virtual

Konser virtual menjadi konser yang banyak digelar di masa pandemi Corona ini. Melalui layar dengan koneksi internet, warga bisa menonton musisi yang ingin ditontonnya.

Beberapa musisi telah menggelar konser ini, misalnya saja Bang Bang Con BTS dan Asia Rising Forever dari 88rising. Tak jarang, konser virtual pun dimanfaatkan para musisi untuk menggalang dana.

Meski tidak dapat menonton secara tatap muka melainkan melalui layar, konser virtual ini cukup bisa mengobati kerinduan penggemar atau menjadi hiburan selama tetap di rumah. Musisi pun bisa tetap berakarya, mendapat penghasilan, atu bahkan menggalang dana.

3 dari 5 halaman

2. Konser di Apartemen

Bagi penghuni apartemen, balkon dapat dijadikan tempat konser atau menonton konser. Hal ini pun telah dilakukan di beberapa negara.

Beberapa konser musik itu misalnya terjadi di Texas oleh musisi yang menggelar konser di depan apartemen, pemain orkestra yang tampil di balkon atau di depan apartemen di Prancis pada awal April 2020, atau DJ Willy Berestka di Miami yang memainkan musiknya di balkon apartemen pada akhir Maret 2020.

4 dari 5 halaman

3. Konser Drive-In

Mengusung konsep menonton konser di lapangan terbuka tapi penonton berada di dalam mobil, konser drive-in menjadi format baru konser yang tetap menerapkan physical distancing. Konser drive-in ini salah satunya dilakukan Mads Langer pada Sabtu, 25 April 2020 di Aarhus.

Di hadapan mobil yang terparkir, musisi asal Denmark mengadakan konser. Bukan hanya menonton, penonton pun dapat berinteraksi dengan Langer melalui aplikasi Zoom. Bunyi klakson pun digunakan untuk mengganti tepuk tangan yang biasa dilakukan saat konser normal.

Dilansir dari Forbes, Jumat (8/5/2020), sebanyak 500 tiket habis terjual. Keunikannya pun membuat konser itu ramai diperbincangkan di media sosial.

5 dari 5 halaman

Selanjutnya

Salah satu promotor di Indonesia, Berlian Entertainment juga mengumumkan rencananya segera menggelar Konser Drive-In. Pengumuman itu disampaikan melalui unggahan akun Instagram-nya @berlianentertainment pada Rabu (6/5/2020).

Meski mendapat tantangan berat, bahkan sempat melumpuhkan panggung musik di awal masa pandemi, industri musik bisa berupaya bangkit dari kesulitan itu. Salah satunya dengan inovasi-inovasi acara musik yang mungkin akan menjadi konsep umum panggung hiburan sehingga dapat dinikmati pelaku dan penikmatinya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.