Sukses

Peneliti Temukan Virus Corona dalam Sampel Air Mani Pasien, Apa Artinya?

Penelitian terbaru menemukan RNA virus Corona dalam sampel air mani pasien. Apa artinya?

Liputan6.com, Jakarta Selalu ada temuan-temuan terbaru terkait virus Corona. Kepingan puzzle terbaru berasal dari sebuah penelitian kecil yang dilakukan di China, yang menemukan RNA (kode genetik virus) Corona Covid-19 dalam air mani pasien muda yang terinfeksi virus tersebut.

Melansir dari Sciencealert, penelitian yang dipublikasikan di JAMA Network Open itu melibatkan 38 pasien yang menjalani perawatan untuk virus Corona dengan kondisi parah di Rumah Sakit Kota Shangqiu di provinsi Henan. Sebanyak 15 belas pasien memberrikan sampel semen selama fase akut penyakit mereka dan 23 orang lagi memberikannya setelah mereka pulih.

Pada empat dari 15 pasien dengan penyakit akut dan pada dua dari 23 pasien yang sembuh, ditemukan RNA virus Corona dalam sampel semen mereka. Temuan baru ini berbeda dengan hasil penelitian sebelumnya yang melibatkan 12 pasien Corona.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Selanjutnya

Namun, penyelidikan sebelumnya lebih berfokus pada pasien dengan penyakit ringan setelah mereka pulih. Sedangkan penelitian ini berfokus pada pasien yang dirawat di rumah sakit dengan penyakit parah dan semua sampel dalam penelitian terbaru ini diambil selama terinfeksi atau segera setelah pemulihan.

Faktanya, semua sampel air mani yang ditemukan memiliki viral load pada pasien yang pulih diambil pada hari kedua dan hari ketiga setelah pemulihan. Jadi perbedaan antara penelitian sebelumnya dan yang sekarang mungkin merupakan hasil dari perbedaan keparahan penyakit dan waktu pengambilan sampel.

 

3 dari 4 halaman

Imunoprivileged

Testis, bersama dengan mata, plasenta, janin, dan sistem saraf pusat, dianggap sebagai "situs immunoprivileged" yang berarti mereka dilindungi dari peradangan parah yang terkait dengan respons imun. Ini mungkin adaptasi evolusioner yang melindungi struktur vital. Jadi ini adalah celah di mana virus dapat terlindungi dari respons imun inang.

Situs imunoprivileg mendapat perhatian sebagai tempat di mana virus dapat bertahan setelah pemulihan penyakit sealam wabah virus Ebola Afrika Barat 2013-16. Virus Ebola tetap dapat dideteksi dalam air mani beberapa orang yang selamat dari penyakit tersebut selama lebih dari 3 tahun dan penularan virus Ebola melalui hubungan seksual dapat terjadi beberapa bulan setelah pasien pulih.

 

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

Belum jelas apa implikasi dari temuan terbaru tersebut. Kehadiran RNA virus dalam semen pasien tak selalu menunjukkan adanya virus menular. Jadi, penting untuk menunjukkan apakah virus infeksi juga dapat diisolasi dari air mani pasien dan penyintas virus Corona.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini