Sukses

5 Manfaat Tak Terduga Daun Mangga Bagi Kesehatan

Penasaran apa saja manfaat daun mangga bagi kesehatan tubuh?

Liputan6.com, Jakarta - Mangga menjadi salah satu buah yang difavoritkan banyak orang. Selain karena rasanya, mangga juga memiliki manfaat bagi kesehatan.

Buah ini kaya akan vitamin dan mineral, daunnya bahkan memiliki sifat penyembuhan dan obat. Daun mangga mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C dan antioksidan termasuk fenol dan flavonoid.

Nah, penasaran apa saja manfaat daun mangga bagi kesehatan tubuh? Berikut ulasannya seperti melansir dari Boldsky, Rabu (6/5/2020).

1. Kontrol Diabetes Tipe 2   

 

Daun mangga dianggap berguna untuk mengendalikan diabetes karena mengandung tanin yang disebut antosianidin yang membantu dalam pengobatan diabetes. 

Daunnya dikeringkan dan dijadikan bubuk atau digunakan sebagai infus untuk mengobati diabetes.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Menurut sebuah penelitian di Journal of Hospital Medicine Mesir mengatakan bahwa mangga meninggalkan bantuan dalam menurunkan tekanan darah tinggi karena sifat hipotensi. 

Konsumsi daun mangga juga membantu memperkuat pembuluh darah dan mengobati varises.

3 dari 5 halaman

3. Obati Asma

Masalah pernapasan termasuk asma bisa diobati dengan bantuan daun mangga. Individu yang mengalami bronkitis, asma dan pilek bisa meminum rebusan daun mangga dengan merebusnya dalam air ditambahkan sedikit madu.

4 dari 5 halaman

4. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Diabetes tipe 2 meningkatkan faktor risiko penyakit Alzheimer dan demensia vascular, penyebab paling umum dari demensia.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Brain Pathology, ekstrak daun mangga meningkatkan patologi sentral dan gangguan kognitif pada pasien diabetes tipe 2.

5 dari 5 halaman

5. Meningkatkan Kesehatan Perut

Daun mangga memiliki sifat gastroprotektif yang melindungi perutmu dari berbagai penyakit lambung.

Kamu hanya perlu menambahkan beberapa daun mangga ke air hangat dan biarkan semalaman. Saring airnya dan minum keesokan paginya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.