Sukses

7 Tanaman yang Dapat Membantu Anda Mengusir Hama di Rumah

Menanam tanaman-tanaman berikut ini dapat membantu Anda mengusir hama di rumah

Liputan6.com, Jakarta Anda suka berkebun? Jika biasanya Anda memilih tanaman hanya berdasarkan bunganya yang cantik, bagaimana kalau sesekali Anda mengubah cara berpikir tersebut?

Cobalah Anda menanam tanaman yang dapat mengusir hama di rumah. Berikut ini tanaman-tanaman yang dapat mengusir hama seperti dilansir dari Brightside.me.

1. Mint

Mint lebih menyukai tanah yang dikeringkan dengan baik tapi lembab, tahan naungan, dan butuh perawatan minimal. Mint memiliki aroma yang kuat.

Beberapa hewan hama tak tahan dengan bau mint, seperti semut, nyamuk, siput, dan tikus. Anda bisa menanamnya untuk mengusir hewan-hewan tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

2. Petunia

Petunia dapat tumbuh di tempat teduh sebagian dan perlu dilindungi angin. Pastikan tanaman ini memiliki jarak 30 sentimeter antara satu sama lain.

Petunia adalah salah satu bunga tanaman yang paling populer. Mereka cantik dan cerah tapi juga dapat mengusir serangga jahat seperti wereng, kutu daun, cacing gelang tomat, dan kumbang asparagus.

 

3 dari 7 halaman

3. Krisan

Saat menanamnya, ingatlah bahwa krisan butuh ruang. Bunga ini dapat tumbuh hingga 91 sentimeter.

Bunga krisan suka berada di bawah sinat matahari. Tanamlah bunga ini di tanah yang lembab merata dengan drainase baik untuk mengusir hama kutu, tungau laba-laba, dan semut.

 

4 dari 7 halaman

4. Lavender

Ini merupakan tanaman besar yang butuh ruang. Jadi, pastikan Anda menanam bijinya dengan jarak 60-90 sentimeter.

Lavender tak suka tanah yang basah dan drainase buruk. Tapi ia bisa tumbuh di tanah yang buruk. Menanam lavender dapat mengusir lalat, ngengat, dan kutu rumah.

 

5 dari 7 halaman

5. Calendula

Bunga ini suka sinar matahari, tanah yang subur, dan berdrainase baik. Selain dapat mengusir hama seperti kumbang asparagus dan cacing gelang tomat, Calendula dapat menarik serangga baik seperti hoverflies yang membantu mengendalikan populasi kutu daun.

 

6 dari 7 halaman

6. Basil

Basil adalah salah satu tanaman paling populer dan biasa digunakan untuk menambah aroma serta rasa pada makanan. Anda dapat menanamnya di bedengan sayuran atau pot. Menanamnya dapat membantu Anda mengusir nyamuk dan lalat.

 

7 dari 7 halaman

7. Geranium

Tanamlah geranium dalam pot dengan lubang pembuangan. Gunakan campuran tanah pot yang dikeringkan dengan baik dan letakkan pot di tempat mereka mendapatkan sinar matahari 4-6 jam. Tanaman ini dapat membantu Anda mengusir kumbang, nyamuk, dan wereng.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini