Sukses

5 Alasan Bilang 'Aku Cinta Kamu' ke Orang-Orang Tersayang Dapat Mengubah Hidupmu

Ada banyak manfaat dari mengatakan 'aku cinta kamu' pada orang yang Anda sayang

Liputan6.com, Jakarta - Menurut sebuah survei, lebih dari setengah pasangan yang telah berpacaran selama 2-5 tahun mengatakan 'aku mencintaimu' setiap hari. Tapi saat hubungannya mencapai 10 tahun lebih, angka itu turun menjadi 33% dan terus menurun seiring berjalannya waktu.

Namun, tahukah Anda bahwa mencoba mengatakan 'aku sayang kamu' ke orang-orang terdekat seperti kekasih, keluarga, bahkan teman, dapat mengubah hidupmu. Melansir dari Brightside.me, ini alasannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Anda akan memiliki hubungan yang terbina dan sejahtera

Ikatan manusia adalah ikatan antara makhluk sosial. Ini butuh banyak investasi emosional tapi tak harus melelahkan selama kita menjaganya.

Menunjukkan kasih sayang kepada orang yang Anda peduli bisa semudah mengingatkan merkea betapa beruntungnya Anda memilikinya dalam hidup Anda. Untuk lebih spesifik, kami tak hanya berbicara tentang hubungan romantis, tapi juga bisa hubungan dengan orang tua, anak, saudara kandung, dan sebagainya.

Seorang psikolog bernama Lisa Arango percaya bahwa mengatakan 'aku mencintaimu' berfungsi sebagai oksigen dalam sebuah hubungan. Dia juga menambahkan bahwa mengatakan kepada seseorang bahwa kamu mencintainya sama seperti memberi makan hubungan tersebut dan menjaganya tetap hidup.

 

3 dari 6 halaman

2. Anda akan menjadi sumber keamanan untuk orang yang Anda cintai

Akan terasa menjengkelkan bila orang yang Anda pedulikan pergi ke orang lain dengan masalah dan kebutuhan emosional merkea. Kita semua pada dasarnya egois dalam satu atau cara lain, tapi dalam hal ini, keinginan untuk dibutuhkan oleh orang lain bisa menjadi hal yang baik.

Mengekspresikan cinta menunjukkan pada orang lain bahwa Anda menginginkan yang terbaik untuk mereka dan mereka dapat mempercayai Anda. Arango mengatakan bahwa mengingatkan mereka yang dekat dengan Anda bahwa mereka penting bagi Anda sudah cukup untuk membuat mereka bahagia.

"Yang benar-benar dicari orang adalah kehadiran emosional," jelas Arango.

 

4 dari 6 halaman

3. Anda mendapatkan manfaat kesehatan darinya

Berbagi cinta dengan orang lain sebenarnya memiliki efek yang baik pada kesehatan. Kory Floyd, seorng profesor yang berspesialisasi dalam komunikasi manusia, percaya bahwa mengekspresikan cinta dalam bentuk apapun, dapat bermanfaat bagi kesehatan Anda.

Bayangkan Anda mengalami hari yang buruk dan kemudian pulang ke orang yang Anda cintai.

"Ini mungkin tidak mengubah tentang apapun yang terjadi pada hari Anda yang buruk, tapi itu dapat mengubah segalanya tentang perasaan Anda pada hari itu. Rasanya semua stres Anda mencair," urai Kory.

Kory terus mengingatkan bahwa setiap kali Anda merasakan dan menerima cinta, tubuh menghasilkan hormon oksitosin yang membantu mengatasi stres.

"Efek okstosin pada tubuh terutama adalah menenangkan dan menghangatkan. Ini adalah hormon yang sangat baik," ujarnya.

 

5 dari 6 halaman

4. Anda akan lebih bahagia dalam kehidupan sehari-hari

Psikolog percaya bahwa menjadi murah hati dalam perasaan Anda membuat Anda lebih bahagia, meskipun Andalah yang memberi. Perasaan ini hanya menjadi lebih kuat ketika Anda melakukannya untuk seseorang yang Anda cintai.

 

6 dari 6 halaman

5. Anda tak akan menyesal mengatakannya

Hidup selalu penuh kejutan dan itu tak selamanya positif. Anda tak akan pernah tahu kapan akan menjadi terakhir kali Anda dapat mengatakan 'aku mencintaimu' pada orang yang Anda sayangi.

Mengucapkan 3 kata ini tak butuh banyak tenaga, tapi tak mengatakannya bisa menghantui Anda seumur hidup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini